Jakarta (ANTARA) - Pulau Bali terpilih menjadi tuan rumah pameran olahraga dan teknologi SPORTEL Asia tahun ini, sejak gelaran terakhirnya di Singapura. Ini merupakan pertama kalinya ajang tersebut dihelat di Asia sejak pandemi COVID-19 menghantam dunia dan menghentikan acara itu sementara.

CEO Sportel Monaco Laurent Puons dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat, mengatakan pihaknya bersemangat untuk kembali hadir di kawasan Asia Pasifik di tahun ini.

“Kami membawa banyak topik terkait olahraga dan jaringan bisnisnya di acara ini. Gelaran di Bali akan membuka kesempatan dan peluang baru untuk menjalin networking yang lebih luas lagi di Asia dan dunia, mengingat partisipan yang mengikuti nanti akan banyak sekali,” kata Puons.

SPORTEL di Bali nanti merupakan kelanjutan SPORTEL di Miami pada bulan Maret 2022 untuk mencakup pasar Amerika Utara dan Amerika Latin, serta di Monaco yang mencakup pasar Eropa pada Oktober 2022.

Lebih lanjut, Puons menilai pasar Asia Pasifik merupakan salah satu yang terbesar di dunia untuk konsumsi konten dan teknologi yang berkaitan dengan olahraga.

Sependapat, Direktur Utama PT Indonusa Telemedia Peter F. Gontha mengatakan pasar tontonan terbesar di dunia berada di Asia.

“Asia adalah kawasan ekonomi yang berkembang cepat dibandingkan kawasan lainnya. Kebutuhan terkait hiburan akan bertambah di masa mendatang, dan salah satunya yang bisa survive di televisi adalah konten olahraga. Menurut saya, konten olahraga ini ke depannya akan menjadi juara di pertelevisian,” papar Peter.

Sementara itu, SPORTEL Bali akan berlangsung selama dua hari pada tanggal 23 dan 24 Februari.

Gelaran ini akan diisi dengan berbagai acara, antara lain pameran Sports Content Producer (Warner Sports, ESPN, La Liga, IMG, Dentsu, dan lain-lain), bincang-bincang, panel diskusi, serta pertemuan antar para pemilik konten olahraga dunia dengan para operator televisi tradisional maupun televisi digital yang berada di Asia.

Selain kegiatan utama berupa Sports Content Market & Conference, SPORTEL Bali juga akan menghadirkan berbagai kegiatan menarik lainnya yang terkait dengan kegiatan olahraga.

Kegiatan ini diharapkan dapat diikuti oleh masyarakat umum dengan hanya melakukan registrasi sebelumnya.

Baca juga: SPORTEL Asia akan digelar di Bali pada Februari 2023

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023