Ankara (ANTARA) - Polandia telah menyetujui pengiriman 60 tank lain ke Ukraina untuk melengkapi 14 tank Leopard buatan Jerman yang telah lebih dulu diumumkan akan dikirim.

Perdana Menteri Mateusz Morawiecki pada Kamis menyatakan bahwa Polandia merupakan negara pertama yang mengirim 250 tank tempur ke Ukraina sekitar setengah tahun yang lalu.

Morawiecki mengaku senang bahwa Warsawa dapat meyakinkan negara-negara sekutunya untuk terus mendukung Kiev.

Dia menyebutkan 30 dari 60 tank yang akan dikirim Polandia adalah tank PT-91, versi terbaru dari tank T-72 buatan Rusia dengan komponen lokal dan Barat.

Ukraina, kata dia, perlu lebih banyak dukungan agar bisa mengalahkan Rusia karena kekalahan Ukraina berarti kekalahan bagi kebebasan di seluruh dunia.

“Jika kita tidak ingin Ukraina ditaklukkan, kita harus sangat terbuka dan berani mendukung Ukraina,” kata dia dalam wawancara dengan stasiun televisi Kanada, CTV

Amerika Serikat pada Rabu (25/1) mengonfirmasi akan mengirimkan 31 tank Abrams ke Ukraina.

Jerman juga telah menyetujui untuk mengirim 14 tank tempur Leopard 2 ke Kiev, setelah ragu melakukannya karena khawatir dengan kemungkinan makin meluasnya konflik dengan Rusia,

Sebagai negara pembuat tank itu, Jerman akan mengizinkan negara-negara Eropa lain yang ingin mengirimkan Leopard ke Kiev.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Polandia akan minta dukungan EU untuk kirim tank Leopard ke Ukraina
Baca juga: Polandia berencana kirim kompi tank Leopard ke Ukraina

Penerjemah: Shofi Ayudiana
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2023