Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 166 atlet dari 17 provinsi serta dari beberapa negara tetangga seperti Malaysia dan Filipina turun pada Kejuaraan Catur Junior BKD Internasional di Universitas Gunadarma Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang-Banten, 27-29 Januari.

Kejuaraan ini sendiri merupakan hasil kerja sama antara Benteng Kelapa Dua Chess Club (BKD CC) dengan Universitas Gunadarma Tangerang dan sasaran utamanya untuk.pembinaan.

"Turnamen ini merupakan kelanjutan turnamen diselenggarakan Kepala Staff Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman di akhir tahun 2021," kata Ketua Umum BKD Chess Club Brigjen TNI Amrizar dalam keterangan resmi yang diterima media di Jakarta, Jumat.

Dilihat dari jumlah peserta, Amrizar menilai antusias untuk mengikuti turnamen catur junior ini sangat tinggi. Apalagi pada kejuaraan ini selain memperebutkan hadiah, juga kesempatan untuk meningkatkan elo rating pecatur.

Baca juga: Rapid Chess Tournament LM FEB UI dihadiri pecatur dunia
Baca juga: 202 pecatur ikuti "Soedirman Open Chess Tournament"


Sekjen PB Percasi Hendri Hendratno yang juga hadir pada pembukaan kejuaraan mengapresiasi turnamen catur junior BKD Chess Club dengan Fide rating karena turnamen ini dapat menjadi awal bagi para pecatur junior berkiprah di event internasional.

"Turnamen ini sangat luar biasa karena diikuti oleh banyak peserta dari 17 provinsi. Dan dua negara lainnya Filipina dan Malaysia, semoga bisa berlanjut di masa mendatang," katanya.

Dukungan Universitas Gunadarma terhadap olahraga catur juga diutarakan oleh sang rektor, Margianti.

"Gunadarma adalah perguruan tinggi pecinta catur. Catur juga menjadi offcial sport bagi Universitas Gunadarma.Hal ini sudah lama dilakukan dan banyak grand master berasal dari Gunadarma," katanya

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023