Hong Kong (ANTARA) - Hong Kong Exchanges and Clearing Limited (HKEX) pada Kamis (26/1) menggelar upacara pembukaan secara langsung, pertama kalinya sejak 2020, untuk menandai hari perdagangan pertama di Tahun Kelinci.

Xinhua pada Jumat (27/1) mewartakan, saham dan emas Hong Kong naik pada Kamis dengan indeks acuan (benchmark) Hang Seng naik 341,72 poin saat pembukaan menjadi 22.386,37 poin, sementara emas berada di angka 18.088 dolar Hong Kong (1 dolar Hong Kong = Rp1.912) per tael (37,8 gram), naik 198 dolar Hong Kong dari penutupan pada Jumat (20/1) lalu.

Chinese Gold and Silver Exchange Society, operator emas Hong Kong, juga menggelar upacara pembukaan langsung pada Kamis pagi.

Chan Kwok-ki, Kepala Sekretaris Administrasi Pemerintah Daerah Administratif Khusus (Special Administrative Region/SAR) Hong Kong, mengatakan pada upacara tersebut bahwa status Hong Kong sebagai pusat keuangan internasional sangat solid dan memiliki prospek cerah.

Paul Chan, Sekretaris Keuangan pemerintah SAR Hong Kong, mengatakan pada upacara pembukaan HKEX bahwa terlepas dari volatilitas di pasar global dalam satu tahun terakhir, pasar keuangan Hong Kong telah menunjukkan ketangguhan luar biasa yang beroperasi secara tertib dan stabil. Dia meyakini pasar saham Hong Kong akan naik ke level baru di Tahun Kelinci.

Paul Chan meyakini industri emas dan perak akan menorehkan pencapaian besar saat arus masyarakat, logistik dan modal antara China Daratan dan Hong Kong menjadi lebih aktif, dan pemerintah SAR Hong Kong akan berusaha untuk memperkuat momentum sektor keuangan dengan dukungan China.

Nicolas Aguzin, Direktur Utama HKEX, mengatakan pasar penawaran saham perdana (initial public offering/IPO) Hong Kong pulih pada paruh kedua tahun lalu, dan 10 saham baru telah terdaftar sejak awal tahun ini. Saat ini, ada sekitar 100 saham baru yang menunggu untuk melantai di pasar saham Hong Kong.

Aguzin mengatakan HKEX akan terus membantu modal China menuju pasar global, membawa peluang China kepada investor internasional, dan menemukan cara untuk meningkatkan daya tarik, vitalitas, dan keragaman pasar Hong Kong.

Indeks Hang Seng Hong Kong naik 522,13 poin, atau 2,37 persen saat penutupan menjadi 22.566,78 poin pada Kamis


 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023