Tokyo (ANTARA) - Wali Kota Meguro Eiji Aoki menjajaki kerja sama di bidang pendidikan, kebudayaan, dan hubungan antar-masyarakat dengan Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT).

Eiji di Tokyo, Sabtu, menuturkan rencana kerja sama itu dapat memperkuat hubungan yang baik antara SRIT dan masyarakat sekitar, khususnya area Kotaki-chokai.

Bentuk kerja sama yang dapat dijalin, antara lain, keikutsertaan dalam program mitigasi bencana dan acara festival budaya.

"Semoga pihak SRIT berkenan untuk berpartisipasi aktif dalam aneka kegiatan yang akan dikerjasamakan nanti," katanya.

Setelah pertemuan tersebut, dia mengatakan akan membuka komunikasi dengan Kepala Area Kotaki-chokai, Hosoya, agar komunikasi antara Kotaki-chokai dan SRIT berjalan dengan baik sekaligus memudahkan koordinasi saat membahas program kerja sama.

Wali Kota Meguro memberikan perhatian kepada SRIT karena merupakan sekolah asing yang diakui oleh Kementerian Pendidikan Jepang (MEXT) yang disetarakan dengan sekolah negeri.

Dengan begitu, saat peserta didik SRIT akan melanjutkan ke perguruan tinggi di Jepang, mereka tidak perlu mengambil ujian kesetaraan.

Menanggapi hal itu, Kepala SRIT Ari Driyaningsih menyambut baik ajakan kerja sama dari Wali Kota Meguro.

Menurut dia, rencana kerja sama itu dapat menjadi kesempatan bagi SRIT untuk dapat berkomunikasi lebih intensif dengan masyarakat sekitar.

"Sebagai tindak lanjutnya, kami akan mengomunikasikan hasil pertemuan hari ini dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), khususnya dengan Atase Pendidikan, untuk kemudian menentukan langkah yang akan diambil berikutnya,” kata Ari.

Dalam pertemuan tersebut, Wali Kota Meguro Eiji Aoki datang bersama dengan Direktur Jenderal Departemen Hubungan Penduduk Hiromi Ueda dan Anggota Departemen Dewan Meguro Kanako Kobayashi.

Kunjungan Wali Kota Meguro Eiji ke Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) yang disambut rampak gendang dan gamelan. (SRIT)
Kedatangan mereka disambut dengan penampilan rampak gendang dan gamelan yang dimainkan oleh para siswa tingkat SMP dan SMA SRIT.

Pada 2021, SRIT menjadi tuan rumah kegiatan lomba pidato Bahasa Inggris Meguro. Acara tersebut merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan Pemerintah Meguro untuk peserta didik SMP Jepang di Tokyo.

Bentuk kerja sama yang terjalin antara Pemerintah Meguro dengan KBRI Tokyo itu menandakan pentingnya keberadaan sekolah yang sudah berdiri sejak 1962 itu.

Baca juga: KBRI Tokyo laksanakan upacara HUT ke-77 RI di Sekolah Indonesia
Baca juga: Indonesia-Jepang luncurkan logo 65 tahun hubungan diplomatik
Baca juga: Mahasiswa Jepang kenalkan produk Indonesia dari batik hingga kopi

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2023