Selamat untuk Bapak Bamsoet dan civitas akademika Universitas Padjadjaran.
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat atas dilaksanakannya sidang terbuka Promosi Doktor Bidang Ilmu Hukum Universitas Padjadjaran (Unpad) Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) dan menilai topiknya relevan secara akademik.

Dalam ucapan yang disampaikan secara virtual, di Jakarta, Sabtu, Jokowi menilai topik disertasi yang disampaikan Bamsoet relevan secara akademik.

“Saya menyampaikan selamat atas dilaksanakannya sidang terbuka Promosi Doktor Bapak Bambang Soesatyo di Universitas Padjadjaran. Topik disertasi yang disampaikan tentang Peranan dan Bentuk Hukum Pokok-Pokok Haluan Negara ini memiliki relevansi secara akademik,” ujar Presiden.

Jokowi mengatakan topik disertasi Bamsoet akan berkontribusi dalam praktik ketatanegaraan di Indonesia.

“Sekali lagi selamat untuk Bapak Bamsoet dan civitas akademika Universitas Padjadjaran,” ujar Jokowi.

Tidak hanya Presiden, Wakil Presiden Ma’ruf Amin juga memberikan ucapan selamat kepada Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, yang telah menyelesaikan studi doktoral Bidang Ilmu Hukum di Universitas Padjadjaran Bandung.

"Saya mengucapkan selamat kepada Saudara Bambang Soesatyo atas Sidang Promosi Doktor Bidang Ilmu Hukum Universitas Padjajaran," kata Ma'ruf Amin dalam keterangan video yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Ma'ruf Amin mengapresiasi gelar baru yang diraih Bambang itu, dan berharap disertasi tersebut dapat menjadi bekal atau referensi untuk menghadapi tantangan global dalam menyongsong Indonesia Emas 2045.

"Disertasi Saudara diharapkan dapat menjadi referensi esensial untuk mewujudkan visi Indonesia Emas, khususnya dalam merespons perubahan dan tantangan global yang membutuhkan sumbangan pemikiran dari beragam cabang keilmuan," katanya.

Dia pun turut mendukung kemajuan ilmu hukum di Tanah Air, khususnya bagi pembangunan bangsa dan negara.

"Semoga raihan prestasi dan ilmu yang diperoleh semakin meningkatkan dedikasi dan pengabdian Saudara; tidak hanya dalam mengembangkan ilmu hukum di Tanah Air, tetapi juga dalam pembangunan bangsa dan negara. Sekali lagi, saya ucapkan selamat kepada Saudara Bambang Soesatyo. Selamat melanjutkan kerja dan karya untuk Indonesia," ujar Wapres Ma'ruf Amin.

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Bambang Soesatyo resmi meraih gelar doktor dari Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (Unpad), Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu.

Rektor Unpad Prof Rina Indiastuti mengatakan Bambang Soesatyo meraih gelar itu dengan yudisium cumlaude karena pria yang akrab di sapa Bamsoet itu memiliki nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sebesar 4,0 dari perkuliahannya.

"Sesuai dengan tradisi akademik, saudara berhak menggunakan gelar doktor, saya Rektor mengucapkan selamat dan juga kepada keluarga saudara dalam meraih gelar tertinggi akademik," kata Rina Indiastuti.

Menurutnya, gelar doktor merupakan gelar yang memiliki tanggung jawab berat. Untuk itu, ia pun meminta Bamsoet agar menyumbangkan ilmu yang telah didapat itu untuk kepentingan negara.

Sementara itu, Bamsoet mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak, khususnya kepada tim promotor yang membimbingnya untuk bisa menyelesaikan disertasinya.

Adapun disertasi Bamsoet yang diuji itu berjudul "Peranan dan Bentuk Hukum Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN) Sebagai Payung Hukum Pelaksanaan Pembangunan Berkesinambungan Dalam Menghadapi Revolusi Industri 5.0 dan Indonesia Emas".
Baca juga: Ketua MPR raih gelar doktor hukum dari Unpad
Baca juga: Menkopolhukam dan Menkumham jadi penguji sidang doktoral Bamsoet


Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023