Jakarta (ANTARA) - Union Berlin membuktikan mereka merupakan tim terbaik di ibukota Jerman, setelah memukul rival sekota Hertha Berlin, dengan kemenangan 2-0 pada pertandingan Liga Jerman yang dimainkan di Olympiastadion, Berlin, Sabtu.

Gol Danilo Doekhi pada menit ke-44 membuka keunggulan Union, sebelum Paul Seguin mencetak gol kedua pada menit ke-67 untuk melengkapi kemenangan mereka, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Hasil itu membuat Union tetap berada di posisi kedua klasemen sementara, namun mereka memiliki koleksi poin yang sama dengan pemuncak klasemen Bayern Munich, yakni 36 poin. Union hanya kalah selisih gol dengan Bayern.

Sedangkan Hertha masih belum mampu keluar dari zona merah. Mereka tertahan di posisi ke-17 dengan 14 poin.

Pada awal laga, tuan rumah Hertha terlihat lebih berbahaya. Union beberapa kali harus bertahan keras untuk memblok sepakan Suat Serdar dan Lucas Tousart, sedangkan Wilfried Kanga tidak mampu melepaskan sepakan akrobatik sempurna untuk membobol gawang Union.

Tidak banyak peluang tercipta pada babak pertama, meski Marco Richter dapat melepaskan tembakan yang masih melambung dari operan Dodi Lukebakio. Union lebih banyak mengandalkan serangan balik dan bola-bola mati, namun justru itulah yang membuat mereka mampu memecah kebuntuan. Doekhi melompat untuk menyambut tendangan bebas Christopher Trimmel, dan bola hasil tandukannya melesak masuk ke gawang Hertha.

Pertandingan berlangsung dengan pola serupa pada babak kedua, dengan Hertha berusaha keras untuk dapat mengemas gol penyama kedudukan. Tetapi yang terjadi justru Union yang mendapatkan gol keduanya. Sheraldo Becker mengejar bola kiriman Peter Pekarik dan menyodorkannya kepada pemain pengganti Seguin untuk dikonversi menjadi gol kedua Union.
 
Freiburg akhiri puasa kemenangan

Freiburg mengakhiri puasa kemenangan dalam dua pertandingan berturut-turut, dengan keberhasilan mereka menang 3-1 atas tamunya Augsburg.

Michael Gregoritsch mencetak gol pemecah kebuntuan pada menit ke-13 untuk membawa Freiburg memimpin. Pada menit ke-29, wasit memberi hadiah penalti kepada Augsburg karena pelanggaran yang dilakukan Lukas Kuebler terhadap Ermedin Demirovic di kotak terlarang. Algojo Augsburg Mergim Berisha sukses menunaikan tugasnya untuk membuat kedudukan imbang 1-1.

Namun semenit berselang Lucas Holer mencetak gol balasan dengan memanfaatkan umpan Ritsu Doan, yang mengubah skor menjadi 2-1. Sebelum Philipp Lienhart pada menit ke-85 memastikan raihan tiga poin bagi Freiburg melalui gol penutupnya.

Tambahan tiga poin membawa Freiburg naik dua strip ke posisi keenam di klasemen sementara dengan 34 poin. Sedangkan Augsburg harus tertahan di posisi ke-14 dengan 18 poin.
 
Pada pertandingan lainnya, Wolfsburg harus mengakhiri catatan enam kemenangan beruntunnya dengan kekalahan, saat mereka takluk 1-2 di markas Werder Bremen. Niclas Fullkrug membawa Bremen memimpin pada menit ke-24, sebelum ia mencatatkan gol keduanya di laga tersebut pada menit ke-77. Wolfsburg hanya mampu membalas satu gol lewat gol yang diukir Kevin Paredes pada menit ke-91.

Sayangnya hasil itu belum mendongkrak posisi Wolfsburg di klasemen. Mereka tetap menghuni posisi ketujuh dengan 29 poin. Sedangkan Bremen naik satu strip ke posisi kesepuluh dengan 24 poin.
 
Pesta gol di dua laga

Pesta gol terjadi di dua laga Liga Jerman lainnya. Mainz menaklukkan tamunya Bochum dengan skor 5-2, serta keberhasilan Borussia Moenchengladbach menang 4-1 di markas Hoffenheim.

Pertandingan baru berusia semenit saat gelandang Korea Selatan Lee Jae Sung mencetak gol pembukaan bagi Mainz. Gol kedua Mainz kemudian tercipta melalui Silvan Widmer pada menit ke-17, serta satu gol kontribusi Karim Onisiwo pada menit ke-28 membawa Mainz unggul tiga gol menjelang turun minum.

Onisiwo mengemas gol keduanya pada menit ke-57 untuk membawa Mainz memimpin 4-0. Bochum sempat membalas dua gol melalui Pierre Kunde pada menit ke-70, dan Erhan Masovic pada menit ke-72. Namun Onisiwo memastikan trigolnya dengan satu gol terakhir yang tercipta pada menit ke-87.

Kemenangan itu membawa Mainz naik ke posisi ke-11 dengan 23 poin, sedangkan Bochum tetap menghuni posisi ke-16 dengan 16 poin.
 
Gladbach kembali ke jalur kemenangan setelah menelan dua kekalahan beruntun, berkat kemenangan 4-1 atas Hoffenheim. Jonas Hofmann menjadi sosok yang membuka keran gol Gladbach melalui golnya pada menit ke-12, sebelum ia membukukan gol keduanya pada menit ke-37.

Hoffenheim sempat memperkecil ketertinggalan melalui gol Bebou pada menit ke-80. Namun gol yang dibukukan Lars Stindl pada menit ke-83, dan gol Hannes Wolf pada menit ke-91 memastikan Gladbach membawa pulang tiga poin.

Gladbach berhak naik ke posisi kedelapan dengan 25 poin. Di sisi lain, Hoffenheim tertahan di posisi ke-13 dengan 19 poin.
   
Baca juga: Union merangsek ke posisi kedua berkat kemenangan atas Bremen
Baca juga: Gol Reyna amankan kemenangan 2-1 Dortmund di markas Mainz
Baca juga: Bayern Muenchen hanya mampu bermain imbang 1-1 saat jamu Koln

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023