Jakarta (ANTARA) - Satu gelar juara Indonesia Masters 2023  dipastikan akan berada dalam genggaman sektor tunggal putra Indonesia lewat pertandingan babak final yang mempertemukan wakil tuan rumah Jonatan Christie dan Chico Aura Dwi Wardoyo, Minggu.

Jonatan yang lebih dulu melaju ke partai puncak dari semifinal, sempat mendoakan agar rekannya tersebut bisa menyusul langkahnya ke babak final. Ternyata doa itu pun terkabul setelah Chico sukses mengalahkan Ng Ka Long Angus dari Hong Kong.

"Perjuangan kami belum berakhir, semoga Chico bisa menembus final menyusul saya," kata Jonatan saat ditemui setelah pertandingan semifinal, Sabtu.

Baca juga: Ng Ka Long Angus kagumi kegilaan penonton Istora Senayan

Laga "All Indonesia Final" di Istora Senayan itu juga akan menjadi yang pertama dalam 15 tahun, setelah persaingan antara Simon Santoso dan Sony Dwi Kuncoro pada 2008.

Sementara itu Chico juga secara terbuka mengakui, bahwa keberhasilan Jonatan dalam menuntaskan laga semifinal melelahkan menghadapi Shi Yu Qi dari China, turut memotivasi dirinya untuk tak kalah semangat.

"Ya pastinya pertama ingin menyusul Koh Jojo juga masuk final. Cuma tadi di awal lebih fokus buat main satu-satu dulu," ujar atlet asal Jayapura, Papua itu.

Meski menghadapi teman dekatnya di Pelatnas PBSI Cipayung, namun Chico tidak gentar dan tak akan sungkan untuk memberikan performa maksimal pada partai puncak.

"Setelah ini saya mau fokus pemulihan kondisi fisik terlebih dulu, setelah itu menghadapi pertandingan besok saya akan main tanpa beban dan siap memberikan permainan terbaik," Chico menjelaskan.

Baca juga: Chico berusaha tenang meski hadapi tekanan Ng Ka Long Angus

Skuad Merah Putih juga masih berpeluang menambah satu gelar juara lainnya dari nomor ganda putra. Ialah pasangan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang akan mewakili Indonesia pada nomor tersebut.

Pasangan berjuluk The Babies itu berambisi merebut gelar pertamanya dari turnamen berlevel BWF Super 500 di Istora. Namun mereka juga harus bersiap untuk kerja ekstra untuk menekuk pasangan He Ji Ting/Zhou Hao Dong dari China.

Pada pertemuan terakhir yang terjadi di perempat final Singapore Open 2022, The Babies keluar sebagai pemenang atas pasangan peringkat ke-21 itu dengan rubber game sepanjang 55 menit.

Ganda putra peringkat ke-17 itu sudah siap fisik jika harus kembali memainkan laga tiga gim menghadapi duo China.

"Kami antisipasi seperti kemarin wakil China lawan Fajar/Rian, pertahanan mereka kuat, serangan mereka juga bagus. Jadi ya kami antisipasi itu. Kami modal nekat saja," Daniel menyebutkan.

Baca juga: Fajar/Rian gagal pertahankan gelar juara Indonesia Masters

Selain tim tuan rumah, China juga akan memastikan membawa pulang satu gelar juara dari nomor ganda campuran saat Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin bertemu Yan Zhe/Huang Dong Ping.

Ketiga wakil Indonesia itu bersama China, Jepang, Spanyol, dan Korea Selatan akan bersaing satu sama lain di hadapan ribuan penonton yang memadati Istora Senayan, Jakarta, Minggu.

Berikut susunan pertandingan babak final Indonesia Masters 2023 yang dimulai pukul 13.00 WIB:

Ganda putri
Liu Sheng Shu/Zhang Shu Xian (China) vs Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (Jepang)

Tunggal putri
An Se Young (Korea Selatan) vs Carolina Marin (Spanyol)

Ganda campuran (All China Final)
Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin vs Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping

Tunggal putra (All Indonesia Final)
Jonatan Christie vs Chico Aura Dwi Wardoyo

Ganda putra
He Ji Ting/Zhou Hao Dong (China) vs Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Baca juga: Pelatih optimistis Minions bisa "comeback" dengan kondisi lebih baik

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023