Jakarta (ANTARA) - Jelang laga "All Indonesia Final" pada final Indonesia Masters 2023, Kepala Pelatih Tunggal Putra Pelatnas PBSI Irwansyah berpesan kepada Jonatan Christie dan Chico Aura Dwi Wardoyo untuk menjunjung sportifitas dalam usaha meraih gelar juara.

"Pastinya satu sama lain kan mau juara, tapi dengan keinginan itu harus tetap sportif. Sebab ini dua tunggal putra Indonesia yang dilihat seluruh dunia kan, jadi menjaga sportifitas sangat penting," kata Irwansyah saat ditemui di Istora Senayan, Jakarta, Minggu.

Ia menambahkan meski keduanya merupakan rekan sepelatnas, namun Jonatan dan Chico harus berjuang maksimal dan tetap fokus mewujudkan impian masing-masing untuk keluar sebagai juara dari turnamen BWF Super 500 itu.

Bahkan ia sengaja tidak mempersiapkan strategi bagi kedua atletnya agar Jonatan dan Chico bisa mencari inisiatif strategi sendiri-sendiri.

Baca juga: Jonatan Christie ke final Indonesia Masters usai taklukkan Shi Yu Qi
Baca juga: Chico termotivasi susul Jonatan ke final Indonesia Masters 2023


"Saya sudah tidak menyiapkan strategi buat mereka, biar mereka atur saja sendiri. Tapi selalu saya ingatkan kalau All Indonesia final harus selalu tunjukkan semangat dan sportifitas. Itu paling penting," kata Irwansyah menegaskan.

Sebagai pelatih, Irwansyah hanya berusaha memberikan arahan dan ilmu terbaik yang ia miliki kepada semua atletnya. Bahkan ia tidak memberikan tekanan agar anak didiknya bisa lebih nyaman dalam menjalani pertandingan.

Jika akhirnya Jonatan dan Chico bertemu di babak final, maka hasil itu menjadi pencapaian atletnya berkat kedisiplinan dan fokus berlatih yang mereka tanamkan sejak lama, katanya.

Penampilan Jonatan dan Chico diprediksi akan berlangsung ramai. Tak hanya dari permainan keduanya yang akan saling ngotot, namun juga dari dukungan penonton yang akan terbagi di dalam arena Istora.

Apalagi Jonatan dan Chico sudah sama-sama saling mengetahui setiap kelebihan dan kekurangan lawan, sehingga menurutnya faktor keberuntungan juga akan bermain.

"Ya pasti sudah saling tahu, mereka setiap hari latihan. Jangan kan latihan, makan pun semuanya sama-sama. Dari teknik semuanya fifty-fifty. Makanya saya bilang siapa yang rezeki dikasih Allah itu yang menang," pungkas Irwansyah.

Baca juga: Pelatih tunggal putra bangga atletnya ciptakan "All Indonesia Final"
Baca juga: Tunggal putra sumbang gelar juara Indonesia Masters 2023

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023