Jakarta (ANTARA) - Agensi YG Entertainment mengumumkan grup K-Pop BLACKPINK yang beranggotakan Jennie, Lisa, Rose, dan Jisoo itu berhasil memecahkan enam rekor dunia baru.

Menurut laporan The Korea Times dan Yonhap pada Minggu, Guinness World Record menobatkan BLACKPINK sebagai grup K-Pop wanita pertama yang menduduki peringkat satu di tangga album Amerika Serikat dan Inggris melalui album penuh kedua mereka, "Born Pink", yang dirilis September lalu.

Selain itu, BLACKPINK juga mendapatkan pengakuan sebab menerima penghargaan Best Metaverse Performance perdana di Video Music Awards (VMA) 2022 MTV pada Agustus lalu, usai menggelar konser dalam game bertajuk "BLACKPINK THE Virtual" di PUBG Mobile.

Baca juga: BLACKPINK dan BTS masuk nominasi iHeartRadio Music Award

Salah satu anggota BLACKPINK yakni Lisa, dilaporkan mengantongi tiga rekor dunia untuk karir solonya. Ia memenangkan kategori "Video K-pop Terbaik" dan merebut predikat ini dari BTS yang sejak 2019 terus-terusan menyabet kategori tersebut. 

Lisa juga dianugerahi sebagai pemenang Best K-pop solo pertama di MTV Europe Music Awards. Selain itu ia mencetak rekor dunia sebagai artis K-pop yang paling banyak diikuti di Instagram dengan 86,3 juta pengikut pada 19 Januari 2023. 

Dengan enam pencapaian baru itu, BLACKPINK tercatat telah meraih total 19 rekor dunia, baik untuk grup maupun untuk pencapaian karir solo para anggotanya.

"Kami menantikan untuk melihat rekor apa yang dipecahkan BLACKPINK dan anggotanya sepanjang sisa tahun 2023," kata Guinness di situs webnya.

Usai tampil di kota-kota di Amerika Serikat dan Eropa pada tahun lalu, tahun ini grup tersebut akan mengadakan konser di Asia termasuk Indonesia yang dijadwalkan pada 11-12 Maret 2023.

Sebelumnya pada 2020 mereka juga pernah menyabet predikat grup dengan video musik yang paling banyak dilihat di YouTube dalam waktu 24 jam berkat "How You Like That". 

Meski begitu tak lama predikat itu didapatkan BTS karena video musik "Dynamite". 

Baca juga: BLACKPINK akan tampil pada konser amal di Paris

Baca juga: Ekspor album K-Pop capai rekor tertinggi di 2022

Baca juga: BLACKPINK masuk nominasi di BRIT Awards 2023

Penerjemah: Suci Nurhaliza & Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023