Jakarta (ANTARA) - Sassuolo mempermalukan AC Milan dengan meraih kemenangan 5-2 pada pertandingan Liga Italia yang dimainkan di Stadion San Siro, Milan, Minggu malam.

Dengan hasil tersebut, Milan kini menghuni posisi keempat dalam klasemen sementara dengan 38 poin. Sedangkan Sassuolo naik ke posisi ke-16 dengan 20 poin, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Ante Rebic mendapatkan kesempatan bermain sejak awal untuk pertama kalinya sejak November, dan ia hampir membayar kepercayaan tersebut dengan melepaskan sepakan yang masih melintasi mulut gawang Sassuolo. Pada menit kedelapan Olivier Giroud melepaskan sepakan voli yang berbuah gol, namun gol itu tidak disahkan karena offside.

Armand Lauriente memaksa kiper Milan Ciprian Tatarusanu melakukan penyelamatan melalui sepakan kerasnya, dan beberapa menit berselang Sassuolo benar-benar memecah kebuntuan.

Memasuki menit ke-19, Domenico Berardi mendapat bola di sisi kanan, dan saat ia terlihat seperti akan melepaskan tembakan, Berardi justru mengirim assist ke mulut gawang untuk disambar Gregoire Defrel.

Gol tersebut mengejutkan Milan, dan pada menit ke-22, gawang tuan rumah kemasukan untuk kedua kalinya. Peluang kembali dibuka dari sisi kanan, ketika Davide Frattesi memainkan operan satu-dua dengan Berardi, untuk kemudian mengakhirinya dengan tembakan ke tiang dekat.

Milan mencoba mengejar ketertinggalan. Pada menit ke-24, Rossonerri memperkecil ketertinggalan saat Giroud menanduk bola umpan silang Davide Calabria ke sudut atas gawang Sassulo.

Sassuolo merestorasi keunggulan dua golnya pada menit ke-30. Berardi yang telah mengoleksi dua assist pada pertandingan ini, kemudian menyambut bola tendangan sudut Hamed Junior Traore, untuk diteruskan ke tiang dekat tanpa dapat diantisipasi kiper Tatarusanu. Keunggulan 3-1 bagi Sassuolo bertahan sampai peluit panjang berbunyi.

Baca juga: Lautaro Martinez jadi pahlawan Inter saat taklukkan Cremonese 2-1

Rafael dimasukkan Milan pada babak kedua, namun pada menit ke-47 Sassuolo mendapat hadiah penalti ketika Calabria dinyatakan melanggar Armand Laurentie di kotak terlarang. Laurentie sendiri yang menjadi algojo penalti sukses menunaikan tugasnya mengecoh Tatarusanu.

Milan terlihat telah memperkecil ketertinggalan saat tendangan bebas Sandro Tonali dibelokkan Pedro Obiang untuk diselesaikan sepakan setengah voli Rebic. Tetapi gol itu tidak sah karena Teknologi Offside Semi Otomatis memperlihatkan bahwa posisi Rebic adalah offside saat tendangan bebas dilakukan.

Justru gawang Milan yang kembali kemasukan pada menit ke-79. Bernardi mampu mengungguli Theo Hernandez, dan mengirim umpan kepada Matheus Henrique yang dengan tenang dapat melakukan penyelesaian akhir untuk menaklukkan Tatarusanu.

Pemain pengganti Milan Divock Origi mencetak gol hiburan pada menit ke-81, melalui sepakan jarak jauh. Tetapi ketika gol pemain Belgia itu tercipta, sebagian penggemar Milan sudah meninggalkan stadion karena malu dengan hasil buruk tersebut.

Daftar susunan pemain:

AC Milan: Ciprian Tatarusanu, Davide Calabria, Pierre Kalulu, Matteo Gabbia, Theo Hernandez, Rade Krunic (Tommaso Pobega 71'), Sandro Tonali, Alexis Saelemaekers (Junior Messias 70'), Charles De Ketelaere (Rafael Leao 46'), Ante Rebic (Divock Origi 71'), Olivier Giroud

Sassuolo: Andrea Consigli, Rogerio, Martin Erlic, Ruan, Riccardo Marchizza (Giorgios Kyriakopoulos 46'), Davide Frattesi (Kristian Thorstvedt 77'), Pedro Obiang, Hamed Junior Traore, Domenico Berardi (Gian Marco Ferrari 85'), Gregoire Defrel (Mattheus Henrique 76'), Armand Lauriente (Agustin Alvarez Martinez 76').

Baca juga: Atalanta semakin benamkan Sampdoria berkat kemenangan 2-0
Baca juga: Salernitana akhiri puasa kemenangan setelah pecundangi Lecce 2-1

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023