Hainan (ANTARA) - Kota Wuzhishan merupakan bagian inti dari Taman Nasional Hutan Hujan Tropis Hainan di Provinsi Hainan, China selatan.

Taman nasional adalah rumah bagi hutan hujan tropis yang paling terkonsentrasi dan terpelihara dengan baik di China, lapor Xinhua pada Senin.

Selain menawarkan pemandangan hutan tropis yang asri, Hainan juga memiliki pasar bunga dan menjadi salah satu lokasi industri bunga di China.

Sejak 2015, China meluncurkan 10 taman nasional percontohan untuk melindungi lingkungan alam dan keanekaragaman hayati.

Pada Oktober 2021, negara tersebut menetapkan lima dari proyek percontohan sebagai taman nasional, yang selanjutnya meningkatkan sistem taman nasional. Pada Desember 2022, mereka menetapkan rencana pembentukan sistem taman nasional terbesar di dunia pada tahun 2035.

Rencana tata ruang untuk taman nasional dikeluarkan bersama oleh beberapa badan pemerintah, termasuk Administrasi Kehutanan dan Padang Rumput Nasional dan Kementerian Ekologi dan Lingkungan. Rencana tersebut mencakup total 49 calon lokasi untuk pembangunan taman nasional.

Kandidat lokasi tersebut, termasuk lima yang telah dikembangkan menjadi taman nasional, mencakup area seluas sekitar 1,1 juta kilometer persegi di 28 daerah setingkat provinsi. Situs-situs tersebut dipilih berdasarkan kepentingan ekologis, lanskap alam yang unik, dan keanekaragaman hayati yang kaya, kata rencana tersebut.

 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023