Lahirnya 25 pecatur dengan rating baru di kejuaraan ini sudah merupakan prestasi yang luar biasa
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 25 dari 166 pecatur mendapatkan rating baru setelah turun pada Kejuaraan Catur Junior BKD Internasional yang berlangsung di Auditorium Universitas Gunadarma Karawaci, Tangerang, Banten, 27-29 Januari.

Inspektur Pertandingan Bunawan Bong dalam keterangan resmi yang diterima media di Jakarta, Senin mengatakan turnamen catur Rating FIDE ini merupakan pintu masuk bagi seorang pecatur mendapatkan gelar internasional mulai dari Fide Master (FM), Internasional Master (IM) dan Grand Master (GM).

"Bagi saya lahirnya 25 pecatur dengan rating baru di kejuaraan ini sudah merupakan prestasi yang luar biasa. Itu artinya Percasi sudah punya aset berharga ke depan," kata Bunawan.

Kejuaraan Catur Junior BKD Internasional 2023 mempertandingkan kelompok non master dan KU-15, 18 dan 21 putra-putri. Untuk KU21 putra dijuarai Saifudin Raden, sementara U-15 putra dimenangi Andra Wijaya, sedangkan Samantha untuk U15 putri.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PB.Percasi Mayjen TNI Julius Silvanus mengaku bangga atas lahirnya pecatur yang memperoleh rating baru. Menurut dia, pihaknya terus mendorong digelarnya turnamen yang memberi peluang lahirnya pecatur tangguh.

"Sebagai wakil ketua umum PB.Percasi saya bangga dan kagum atas pelaksanaan turnamen catur dalam rangka HUT ke-3 BKD Chess Club ini yang mampu melahirkan calon pecatur masa depan Indonesia," katanya.

Kolaborasi Universitas Gunadarma dengan BKD Chess Club adalah salah satu terobosan mendorong percepatan pembinaan catur grassroot. Setelah ini turnamen serupa bakal digelar di Kotamobagu, Sulawesi Utara, April nanti dengan tajuk Mawar Cup.

Baca juga: 166 atlet turun di Kejuaraan Catur Junior BKD Internasional
Baca juga: Rapid Chess Tournament LM FEB UI dihadiri pecatur dunia
Baca juga: GM Novendra juarai turnamen catur cepat Japfa Christmas Cup 2022

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023