Jakarta (ANTARA) - ExxonMobil dan Red Bull KTM Factory Racing mengumumkan kolaborasi jangka panjang, yang menjadikan Mobil sebagai mitra pelumas dan bahan bakar tim pada MotoGP 2023.

"Pengumuman hari ini memungkinkan kami untuk terus memamerkan teknologi pelumas kami yang canggih dan berperforma tinggi," kata ExxonMobil Global Sponsorships & Motorsports Manager Rob Shearer dalam keterangan pers yang diterima pada Senin.

Shearer melanjutkan, pihaknya berperan untuk menyediakan bahan bakar dan pelumas canggih agar Red Bull KTM dapat memberikan kemenangan balapan dan kejuaraan.

"Dengan pembuka musim di Portugal semakin dekat, kami berharap dapat bekerja sama dengan Red Bull KTM Factory Racing dan pembalap yang menarik, yaitu Brad Binder dan Jack Miller dengan tujuan untuk membantu tim meraih kejuaraan dunia perdana mereka," ujar Shearer.

Selain membuat bahan bakar balap dan pelumas mesin, ia mengatakan Mobil 1 juga membuat kotak persneling khusus untuk kerja sama dengan Red Bull KTM Factory Racing di musim 2023.

Baca juga: Red Bull KTM targetkan gelar tertinggi di musim 2023

Lebih lanjut, pembentukan produk yang dipersonalisasi akan meningkatkan performa motor dan pada akhirnya waktu putaran sambil memberikan pembelajaran berharga untuk produk konsumen ExxonMobil di masa mendatang.

Shearer mengatakan insinyur dan ahli kimia ExxonMobil memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam mengembangkan produk untuk memenuhi kebutuhan tim balap papan atas.

Adapun sejak tahun 1915, ExxonMobil telah menguji teknologi pelumasnya dalam balap dan bahkan saat ini tuntutan yang sangat tinggi terhadap pelumas membantu mendorong inovasi konsumen.

Selain itu, teknologi ExxonMobil diharapkan dapat membantu transisi tim ke komponen bahan bakar canggih dari musim MotoGP 2024 dan telah mulai memproduksi bakal sampel untuk 2027, di mana bahan bakar di semua kelas MotoGP harus 100 persen berasal dari non-fosil.

"Mereka memiliki mentalitas yang sama dengan kami dalam hal membidik level teratas dan performa terbaik, dan itu juga mengalir ke tujuan kami untuk masa depan di mana kami benar-benar ingin menjadi bagian dari perubahan keberlanjutan MotoGP ini dengan bahan bakar balapan," kata Direktur KTM Motorsport Pit Beirer.

Untuk menunjukkan kemitraan teknis, Mobil 1 akan ditampilkan secara jelas pada motor balap, overall pengendara, garasi, dan perlengkapan tim.

Baca juga: Brad Binder masih akan balapan bersama Red Bull KTM di MotoGP 2023
Baca juga: Sirkuit Jerez diperbaiki jelang Grand Prix MotoGP 2023
Baca juga: Ducati hadapi tantangan terbesar MotoGP 2023

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023