Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Kadin Indonesia sekaligus Ketua ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) 2023 Arsjad Rasjid mendorong upaya untuk menjadikan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan dunia sebagaimana tema Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023 "ASEAN Centrality: Innovating toward
Greater Inclusivity".

"Kadin Indonesia dan juga melalui ASEAN-BAC ingin mengajak semua orang untuk bergabung dalam upaya membawa ASEAN sebagai pusat
pertumbuhan global," kata Arsjad dalam konferensi pers acara pertemuan dan serah terima Keketuaan ASEAN BAC dari Kamboja ke Indonesia.di Jakarta, Senin.

Dengan total PDB yang tumbuh setiap tahun, saat ini ASEAN menjadi kawasan dengan pertumbuhan ekonomi terbesar kelima di dunia sehingga sangat potensial untuk menjadi pusat investasi global.

ASEAN-BAC merupakan wadah dari pebisnis seluruh negara anggota ASEAN harus bisa membantu negara ASEAN mewujudkan Sentralitas ASEAN sebagai visi utama kawasan ini.

Arsjad menyebut pertumbuhan ekonomi harus membawa manfaat bagi semua negara anggota, dan sektor swasta diundang untuk bergabung.

Kepemimpinan ASEAN oleh Indonesia akan membawa babak baru bagaimana keterlibatan dan dukungan penuh swasta atau sektor bisnis terhadap langkah dan kebijakan pemerintah yang ingin memajukan negara-negara kawasan ASEAN yang kuat, inklusif, dan berkelanjutan.

Arsjad juga mendorong ASEAN agar menjadi pusat pertumbuhan dan pusat rantai pasok dunia di tengah kondisi yang penuh tantangan saat ini.

"Pemerintah mengatakan ASEAN adalah epicentrum of growth. Harapannya, ASEAN harus memperkuat dirinya dan harus menjadi bagian dari kekuatan ekonomi dunia. ASEAN harus bisa bersatu untuk bisa menjadi supply chain of the world. ASENA harus bisa bersatu, bersama-sama untuk tunjukkan pada dunia pertumbuhan ekonomi dunia itu ada di ASEAN," katanya.
 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023