Bandung (ANTARA) -
Istri Gubernur Jawa Barat (Jabar) Atalia Praratya Kamil mendukung lahirnya gaya berhijab untuk para wanita muslimah yang gemar bermain golf, seperti yang digagas oleh Arktiv, sebuah jenama pakaian olahraga untuk wanita muslimah asal Kota Bandung.
 
"Tentunya saya senang dan apresiasi bahwa golf semakin lama semakin diminati. Selama ini golf identik dengan pebisnis dan pejabat namun sekarang melebar ke anak muda dan emak emak ini diminati. Terlebih golfer juga berhijab ini perempuan hebat dan kuat," kata Atalia Praratya Kamil disela-sela acara Turnamen Golf yang digelar Arktiv dan Hijabgolfer, di Kota Bandung, Senin.
 
Dia menuturkan olahraga golf, ternyata saat ini tidak hanya diminati oleh kaum pria saja namun wanita berhijab pun, mulai menggandrungi olahraga ini.
 
Menurut dia para hijaber yang hobi golf pada akhirnya melahirkan style tersendiri saat bermain golf.
 
Pakaian mereka, kata Atalia, tetap syar'i tapi bisa bergerak leluasa saat bermain golf.
 
Atalia juga senang permainan golf makin digemari semua kalangan sehingga dirinya berterima kasih pada komunitas Hijab Golfer karena, visa lahir style bari golf hijaber ini.
 
"Saya apresiasi semua yang baik kita harus dukung golf identik seksi ternyata enggak bisa fun bisa pake baju nyaman dengan hijab," katanya.
 
Atalia berharap akan semakin banyak turnamen seperti ini agar para muslimah bisa menyalurkan hobi berolahraga.
 
"Kalau ada turnamen kan jadi semangat dan bangun komunitas dengan silahturahmi," katanya.
 
Sementara itu, Founder Hijab Golfer, Desi Fatmawati (35 tahun) menuturkan komunitasnya menggelar main bareng untuk mempererat silahturahmi member seluruh Indonesia.
 
"Kami ada yang dari Lombok dan berbagai daerah. Ini komunitas. Kita mabar (main bareng) sebulan sekali turnamen tiga bulan sekali. Bisanya ada winer kategori," katanya.
 
Menurutnya, di komunitas hijab golfer ini bentuknya masih fun komunitas belum mengarah menjadi atlet.
 
Meskipun, ada salah seorang membernya yang menjadi atlet PON untuk cabang olahraga golf.
 
"Anggota kami sudah ada 180 orang selama dua tahun. Kami latihan bareng dan sharing ilmu saja. Syaratnya di WA grup harus berhijab," katanya.
 
Pemilik jenama Arktiv Anggina menambahkan dalam membuat pakaian olah raga untuk muslimah bermain golf.
 
Anggina merancang pakaian golf untuk hijaber disesuaikan dengan spesifikasi terutama dengan cuaca di Indonesia yang nyaman di muslimah saat berolahraga.
 
"Sehingga disesuaikan gerak dan waktu olahraga. Contohnya, banyak gerakan membuat hip jadi butuh rok tidak boleh terlalu ketat tapi bisa membantu gerakan dengan tidak menghambat jadi ada daleman khusus untuk runing," katanya.
 
Hijab untuk golf ini, kata dia, di desain untuk mempermudah gerakan tanpa ada hambatan.
 
"Kenapa harus mudah bergeram karena saat bermain golf akan banyak melakukan aktivitas di tangan dan bahu," kata dia.

Baca juga: PUMA rilis kerudung olahraga untuk para "hijaber"
Baca juga: Tiga tips memilih kerudung untuk olahraga
Baca juga: Memilih busana olahraga muslimah ala Fanny Fabriana
 
 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023