Malang, Jawa Timur (ANTARA) - RANS PIK Basketball Club mengalahkan West Bandits Solo dengan skor 75-60 dalam laga lanjutan seri kedua Liga Basket Indonesia (IBL) musim 2023, yang digelar di GOR Bimasakti, Kota Malang, Jawa Timur, Senin.

Pelatih RANS PIK Bambang Asdianto Pribadi usai pertandingan mengatakan bahwa West Bandits sempat memberikan perlawanan pada akhir permainan, namun, anak asuhnya mampu menahan serangan itu dan mengunci kemenangan.

"Kami main bagus, West Bandits sempat memberikan perlawanan di akhir. Ini gim yang bagus," kata Bambang.

Bambang menjelaskan, pada pertandingan tersebut, anak asuhnya mendapatkan pelajaran cukup banyak yang berharga. Ia menilai, kunci kemenangan RANS PIK adalah mampu unggul pada tembakan-tembakan baik dua ataupun tiga angka.

Baca juga: RANS PIK kalahkan Evos Thunder 61-53
Baca juga: Dewa United menangi pertarungan sengit lawan Satya Wacana 79-72

Selain itu, lanjutnya, ia juga mencoba memperlambat tempo permainan namun tetap mencetak angka dan tidak kehilangan peluang. Menurutnya, seluruh pemain RANS PIK yang dimainkan malam ini mampu mencetak poin.

"Kami belajar banyak. Tapi yang buat kami lebih unggul adalah tembakan kami cukup bagus malam ini terutama di tiga angka. Semua pemain cetak angka," katanya.

Sementara itu, pelatih West Bandits Nedas Pacevicius mengatakan bahwa kekalahan tersebut diakibatkan anak asuhnya tidak bisa menerapkan game plan secara menyeluruh sejak kuarter pertama dimulai. Ia menilai, RANS PIK layak untuk memenangkan pertandingan tersebut.

"Anda tahu apa yang terjadi, kita tidak bisa mengikuti game plan secara menyeluruh sejak awal pertandingan dimulai. Saya tidak bisa mengatakan detil, tapi kami tidak perform dalam gim ini," katanya.

Pada kuarter pertama, kedua tim sama-sama bermain ngotot untuk mendapatkan poin lebih dari lawan. Namun, pada akhirnya RANS PIK mampu mengunci permainan pada kuarter pertama dan unggul 20-15 atas West Bandits.

Baca juga: Bumi Borneo kalahkan Evos Thunder 68-58

Memulai kuarter dua, RANS PIK mulai tancap gas dan memperlebar jarak perolehan poin atas West Bandits. Hingga akhir kuarter dua, RANS PIK mampu memperlebar jarak dengan menorehkan 40 poin, sementara West Bandits mengantongi 24 poin.

Memasuki kuarter tiga, RANS PIK tidak menghentikan permainan cepat yang mampu menambah perolehan poin. Sementara West Bandits, sempat tertinggal dengan selisih 23 poin atas RANS PIK. Kuarter tiga ditutup dengan keunggulan RANS PIK 59-37.

Pada kuarter empat, RANS PIK tetap mampu menguasai jalannya permainan dan tetap menjaga perolehan poin. RANS PIK akhirnya memastikan kemenangan pada pertandingan kedua seri dua melawan West Bandits dengan skor 75-60.

Pada pertandingan itu, pemain RANS PIK yang mencatatkan perolehan poin terbanyak adalah Duom Dawam dengan 23 poin, sementara dari kubu West Bandits, Sevly Victory Rondonuwu mencetak 13 poin.

 

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023