Kuala Lumpur (ANTARA) - Konsulat RI (KRI) Tawau mempromosikan budaya Indonesia kepada lebih 100 tamu di turnamen golf yang diadakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Imigrasi ke-73 yang digelar di Sabah, Malaysia.

Kepala Perwakilan RI Tawau Heni Hamidah di Tawau, Selasa, mengatakan Sabah merupakan salah satu daerah yang sangat penting bagi Indonesia, terbukti dengan menempatkan dua perwakilan negaranya yakni Konsulat Jenderal RI di Kota Kinabalu dan Konsulat RI di Tawau.

Ia mengatakan kegiatan yang terlaksana pada Minggu (29/1) lalu diharapkan dapat meningkatkan hubungan baik masyarakat kedua negara (people to people contact), selain juga sebagai sarana diplomasi, memperkenalkan dan mempromosikan keanekaragaman budaya Indonesia yang memiliki banyak keunikan.

Sedangkan, menurut Ketua Panitia Pelaksana Ferry Tri Ardiansyah, yang juga menjabat sebagai Staf Teknis Imigrasi di Konsulat RI Tawau, tujuan diselenggarakannya acara itu untuk mempererat silaturahmi, menjalin hubungan baik, sekaligus mempromosikan dan memperkenalkan budaya Indonesia, dan juga sebagai bentuk dukungan terhadap perkembangan olahraga golf khususnya di wilayah Tawau.

Turnamen golf yang digabung dengan acara kegiatan promosi Indonesia, yang mengambil tempat di Shansui Golf and Country Club Tawau tersebut dihadiri oleh lebih dari 100 orang tamu undangan dari berbagai instansi di Sabah baik pemerintah maupun swasta.

Beberapa tamu VVIP yang hadir di antaranya Anggota Legislatif Daerah (ADUN) sekaligus menjabat Asisten Ketua Menteri Sabah Nizam bin Abu Bakar Titingan, Anggota Parlimen (DPR) Dapil Tawau Lo Su Fui, Presiden Majlis Perbandaran Tawau (setingkat Walikota) Joseph Pang dan beberapa tamu penting lainnya dari berbagai instansi setempat seperti dari Imigrasi Tawau, kepolisian, militer/tentara, Bea Cukai, Bomba (setingkat damkar) serta perwakilan dari perusahaan-perusahaan di wilayah Tawau dan sekitarnya.

Bazar Promosi Indonesia mengawali kegiatan tersebut sebelum Tee off yang menandai pembukaan turnamen golf dilakukan oleh Konsul RI Tawau.

Acara bazar promosi diisi antara lain dengan pameran baju adat daerah serta sajian kuliner khas Indonesia seperti bakso tahu, sate ayam, sate lilit dan aneka kue tradisional Indonesia. Selain itu, juga dipamerkan beberapa kain batik salah satunya adalah batik tulis.

Dalam acara tersebut juga turut ditayangkan video “Wonderful Indonesia” yang menggambarkan keindahan alam dan keragaman budaya Indonesia.

Acara ditutup dengan pengumuman pemenang juara turnamen serta pembagian door prize oleh panitia.

Baca juga: Kota Singkawang-Sarawak jalin kerja sama bidang pariwisata dan budaya
Baca juga: Konsulat RI Tawau gelar promosi budaya dan pariwisata
Baca juga: PPI UT Penang gelar Festival Silang Budaya 2022


Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Sri Haryati
Copyright © ANTARA 2023