Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan menambah lahan bermain anak bernama "Taman Tusuk Sate" di Jalan Bintaro Permai RT 07/RW 02 di Kelurahan Pesanggrahan sebagai bagian dari penataan kawasan tersebut.

Penataan kawasan itu sesuai instruksi Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono.
 
"Taman itu setiap hari dilakukan perawatan oleh PPSU agar menjadi rapi, bersih dan hijau sehingga bisa jadi tempat bermain anak-anak," kata Lurah Pesanggrahan Jumadi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.
 
Jumadi menjelaskan, pengerjaan lahan seluas 200 meter persegi (m2) tersebut dilakukan oleh personel Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) yang dibantu warga dan telah selesai pada akhir Desember 2022.

Baca juga: Pemkot Jaksel tambah taman dan jalur hijau di Pesanggrahan

Menurut dia, dulunya taman ini merupakan lahan kosong yang ditempati pedagang kaki lima (PKL) sehingga terlihat kotor dan kumuh.
 
Kini lahan tersebut dihiasi dengan berbagai jenis tanaman, tempat duduk hingga mural yang dicat dengan berbagai warna cerah agar semakin menarik perhatian anak-anak.
 
Jumadi mengimbau dan meminta kepada warga setempat agar turut membantu merawat taman hingga tetap terjaga kebersihan dan keindahannya.
 
"Dengan ditatanya lahan tersebut saat ini dapat jadi tempat bermain anak-anak, karena selama ini memang tidak ada karena minimnya lahan kosong," katanya.

Baca juga: Pemkot Jaksel tambah taman hijau di Kampung Ki Kunti

Selain Pesanggrahan, empat kelurahan lainnya di Kecamatan Pesanggrahan yang melakukan penataan kawasan, yakni Bintaro, Petukangan Utara, Ulujami dan Petukangan Selatan dengan membangun taman serta jalur hijau.
 
Sebelumnya, Kelurahan Pesanggrahan meraih penghargaan Penataan Kawasan Terbaik Tingkat Kelurahan Tahun 2023 yang diberikan oleh Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Balai Kota, Rabu (25/1).
 
Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas kinerja para lurah dalam penataan kawasan sebagai upaya penghijauan dan memanfaatkan lahan tersedia.
 
Dengan demikian, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berharap ke depannya akan semakin banyak potensi lahan yang digunakan untuk penataan kawasan di wilayahnya.
 

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023