Hari ini terpantau banjir terjadi pada enam desa di dua kecamatan.
Mentok, Babel (ANTARA) - Tim gabungan dari beberapa instansi di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) membantu warga dalam penanganan banjir yang terjadi pada sejumlah lokasi di daerah ini.

"Hari ini terpantau banjir terjadi pada enam desa di dua kecamatan, personel Polres Bangka Barat bersama tim BPBD Kabupaten Bangka Barat telah di lokasi untuk membantu masyarakat dan mengatur lalu lintas agar tidak terjadi kecelakaan," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Catur Prasetiyo, di Mentok, Selasa.

Sebanyak enam desa yang terdampak banjir tersebut berada di Kecamatan Jebus terdiri dari Desa Limbung, Tumbakpetar, Sungaibuluh, dan Desa Jebus, sedangkan di Kecamatan Parittiga terjadi di Desa Puput dan Sekarbiru.

Banjir yang berlangsung sejak pagi hari tersebut, karena dipengaruhi curah hujan tinggi yang mengguyur selama beberapa hari ini hampir merata di wilayah Bangka Barat.

Banyaknya volume air pada saat hujan lebat tidak tertampung aliran sungai sehingga meluap mengakibatkan terjadi genangan, baik di permukiman warga, pasar maupun di sejumlah ruas jalan yang menghubungkan antardesa.

"Hari ini kami bersama Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming, Kepala BPBD, Kasatpol PP dan beberapa pejabat utama di lingkungan Polres Bangka Barat telah meninjau lokasi sekaligus membantu masyarakat dalam penanganan banjir," katanya.

Bagi para pengendara yang melintas di daerah itu diharapkan selalu berhati-hati, karena jalanan licin dan terjadi beberapa ruas jalan yang tergenang air dengan ketinggian sekitar 20-30 sentimeter.

Masyarakat yang tinggal di lokasi banjir juga diminta tetap waspada, karena cuaca saat ini sedang banyak terjadi hujan lebat disertai angin kencang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka Barat Achmad Nursyandi mengatakan beberapa hari lalu banjir juga terjadi di daerah itu dan hari ini terulang, terutama di kawasan Pasar Parittiga dengan ketinggian air mencapai sekitar 50 sentimeter.

Untuk di daerah Sungai Pasirmungai, Jebus ketinggian air sekitar 30 sentimeter, Sungaibuluh sekitar 70 sentimeter, air mulai menggenang tinggi di beberapa lokasi itu mulai subuh.

"Mulai siang di Pasar Parittiga dan Sinarmanik mulai surut, namun kita perlu tetap waspada karena hujan masih mungkin terjadi dalam beberapa hari ke depan," katanya lagi.
Baca juga: Banjir rob di Bangka Barat rendam 480 rumah
Baca juga: Pemkab Bangka Barat pantau lokasi rawan bencana

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023