Seoul (ANTARA) - Perdana Menteri Korea Selatan Han Duck-soo mengatakan bahwa pemerintahnya akan mempertimbangkan untuk mencabut pembatasan visa kepada pengunjung dari China sebelum akhir Februari jika kasus positif dari negara itu masih berada pada tingkat yang dapat dikendalikan.

Han mengatakan hal itu dalam konferensi pers di Seoul pada Selasa.

Dia mengatakan bahwa Korsel akan memutuskan apakah mereka akan mencabut pembatasan tersebut setelah memeriksa hasil tes COVID-19 pengunjung dari China.

Korsel telah memperketat pembatasan terhadap pengunjung dari China dan menangguhkan penerbitan visa jangka pendek dari Kedubes Korsel di China.

Korsel juga mewajibkan orang-orang yang memasuki negara tersebut untuk menjalani tes COVID-19 sebelum dan sesudah tiba hingga akhir bulan depan.

Sebagai tindakan balasan, China juga menunda pemberian visa jangka pendek bagi warga Korsel.

"Saya pikir kita masih tetap harus berhati-hati dalam mencabut pembatasan visa secara menyeluruh mengingat hasil tes PCR warga China yang memasuki Korea Selatan akhir-akhir ini," kata Han kepada pers.

"Setelah kami mencermati hasil tes PCR warga China dan menentukan bahwa hasil itu berada pada tingkat yang bisa diatasi, kami akan mempertimbangkan untuk mencabut pembatasan bahkan sebelum akhir bulan depan," katanya.

Sumber: Yonhap-OANA

Baca juga: China setujui beberapa jenis visa untuk warga Jepang, Korsel
Baca juga: Korsel: Penangguhan visa oleh China sangat disayangkan

Penerjemah: Fadhli Ruhman
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2023