Jakarta (ANTARA) - Kepolisian Sektor (Polsek) Jagakarsa menyiapkan sasana tinju guna mencegah tawuran antarpemuda dan pemakaian narkoba sekaligus untuk mencetak prestasi anak-anak muda di cabang olahraga tersebut.

"Bagi yang tertarik berlatih tinju bersama Polsek Jagakarsa bisa bergabung dalam wadah JAGAKARSA FIGHT CLUB (JFC) yang bekerjasama dengan para relawan pelatih dan Sasana RE Boxing Camp," kata Kapolsek Jagakarsa Kompol Multazam Lisendra di Jakarta Selatan, Selasa.

Pelatihan ini gratis dengan cukup mengisi tautan Google Form: https://forms.gle/4QyztJBxVaoS9o7h9

Jadwal latihan dibuka pada Selasa pukul 16.00 WIB hingga selesai dan Sabtu pukul 08.00 WIB hingga selesai.

Dengan sarana tersebut, anak-kanak dan remaja yang ingin menimba ilmu bela diri dan bercita-cita menjadi atlet amatir maupun profesional bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman dari tim pelatih.

Baca juga: Polsek Jagakarsa kumpulkan 75 kepala sekolah komitmen cegah tawuran

Mengenai tawuran antarpemuda, dia mencatat ada belasan pelaku tawuran yang terdiri dari anak-anak hingga remaja di wilayah Jagakarsa selama 2022.

"Berdasarkan data Polsek Jagakarsa, pada kasus tawuran diamankan 16 pelaku dengan dua orang luka berat dan satu orang meninggal dunia sepanjang 2022," kata

Tercatat sebanyak empat kasus penyalahgunaan narkoba dengan barang bukti sabu 1,43 gram selama 2022.

Menurut Multazam, narkoba merupakan akar dari permasalahan tindak kriminal yang merugikan diri, keluarga dan masyarakat.

Baca juga: Polsek Jagakarsa tempatkan personil di tempat rawan tawuran

Karena itu, pihaknya menggencarkan pencegahan peredaran dan penjualan narkoba di tempat yang rawan lantaran bisa memicu tawuran, balap liar hingga mempengaruhi kesehatan.

"Ini juga bagian langkah pencegahan masalah kesehatan mental seperti kurang percaya diri, stres, perundungan yang kerap menerpa anak dan remaja Ibu Kota khususnya Jakarta Selatan," katanya.

Berbagai alasan tindakan kriminal itu dilakukan mulai dari selisih paham di media sosial, saling tantang hingga ingin mencari jati diri.

Padahal, menurut dia, ada cara lain yang lebih bermanfaat jika ingin menunjukkan kelebihan energi dalam diri, yaitu menyalurkan hobi dalam bidang olahraga. Salah satunya tinju.
Baca juga: Polisi tangkap 12 anggota gangster pelaku tawuran di Jagakarsa
 

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023