Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Bima Perkasa Jogja mendominasi permainan dalam laga melawan Elang Pacific Caesar Surabaya dan mengunci kemenangan dengan skor 93-53 dalam seri kedua Liga Basket Indonesia (IBL) musim 2023, di GOR Bimasakti, Kota Malang, Jawa Timur.

Pelatih Bima Perkasa Erfi Meldi usai pertandingan, Selasa, mengatakan bahwa ia memberikan apresiasi kepada para pemain yang mampu memberikan penampilan terbaik meski sempat ada tekanan dari Pacific Caesar.

"Saya mengapresiasi pemain, penampilan terbaik. Pacific sempat mengejar, itu menjadi pukulan untuk kita dan tidak boleh lengah," kata Erfi.

Erfi menjelaskan, salah satu strategi kunci yang diterapkan untuk menghentikan perlawanan Pacific Caesar adalah, dengan menghentikan atau menutup peluang tembakan tiga angka. Strategi itu, dinilai mampu meredam permainan Pacific Caesar.

Baca juga: Bima Perkasa tak terkalahkan di Seri 1 bekuk Tangerang Hawks 70-66

Menurutnya, strategi tersebut berhasil diterapkan anak asuhnya dalam pertandingan tersebut. Tercatat, dari 29 kali percobaan tembakan tiga angka Pacific Caesar, hanya tiga tembakan yang mampu dikonversi menjadi poin.

"Pacific salah satu tim yang memiliki tembakan bagus di tiga angka. Hari ini, saya puas karena kita hanya buat mereka mampu 10 persen tiga angka. Itu sesuai game plan," katanya,

Sementara itu, pelatih Pacific Caesar Jaesik Sung tidak memberikan komentar banyak atas kekalahan yang diderita timnya. Ia mengatakan bahwa kekalahan tersebut merupakan tanggung jawabnya sebagai seorang pelatih.

"Saya yang salah, saya mengajarkan banyak kesalahan. Semua tanggung jawab saya," ujarnya.

Pada awal laga, Bima Perkasa langsung tampil menekan dan Pacific Caesar juga berupaya untuk membalas serangan. Namun, pada kuarter pertama tersebut, Bima Perkasa lebih unggul dan mampu menorehkan 19 poin, sementara Pacific Caesar hanya 10 poin.

Baca juga: Indonesia Patriots kalahkan Pacific Caesar 75-67

Kuarter dua, Pacific Caesar berupaya untuk mengejar ketertinggalan dan mendapatkan poin demi poin. Namun, Bima Perkasa juga tampil maksimal dan mampu menjaga selisih perolehan angka. Bima Perkasa unggul 43-36 atas Pacific Caesar hingga kuarter dua berakhir.

Pacific Caesar pada kuarter tiga tampil menekan dan mulai mendekat dengan perolehan poin Bima Perkasa melalui serangan cepat dan sempat tersisa selisih satu bola. Namun, Bima Perkasa bisa kembali tampil baik dan menutup kuarter tiga dengan 67-46 atas Pacific Caesar.

Pada kuarter empat Bima Perkasa memperkuat serangan dan memperlebar perolehan poin atas Pacific Caesar hingga selisih 25 poin. Pacific Caesar tidak mampu menghentikan Bima Perkasa yang tampil dominan dan menyelesaikan kuarter empat dengan 93-53.

Pada pertandingan itu, pemain Bima Perkasa Cameron Jamal Coleman mencetak poin terbanyak dalam pertandingan, dengan 25 poin. Sementara untuk Pacific Caesar, Mbrakinyo Michael Williams mencetak 14 poin.

Baca juga: Satria Muda bungkam Bali United 85-65
Baca juga: Mountain Gold menang dramatis atas Indonesia Patriots 73-72
Baca juga: RANS PIK kalahkan West Bandits 75-60


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023