Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping mendorong kaum muda Hungaria untuk belajar lebih banyak tentang China dan menjadi utusan persahabatan China-Hungaria.

Dalam surat balasan yang dikirimkan baru-baru ini, Xi Jinping memberikan dukungannya kepada para pelajar Hungaria setelah mengetahui bahwa mereka terus mempelajari Bahasa Mandarin dan berkomitmen memberikan kontribusi bagi persahabatan antara China dan Hungaria.

Dia menekankan bahwa China dan Hungaria memiliki sejarah panjang dan budaya indah. Masyarakat kedua negara tersebut juga menikmati persahabatan tradisional dan pertukaran budaya yang semakin erat.

Xi menambahkan para pelajar Hungaria akan disambut dengan hangat untuk melanjutkan jenjang pendidikan di berbagai universitas China setelah mereka lulus SMA. Dia berharap semakin banyak generasi muda Hungaria yang mencintai dan mempelajari Bahasa Mandarin.

Selain itu, dia berharap anak muda Hungaria memiliki kesempatan melakukan perjalanan ke seluruh penjuru China, mempelajari lebih banyak hal baru tentang China termasuk sejarah dan budayanya, serta berupaya menjadi perwakilan untuk memajukan dan mengembangkan persahabatan China-Hungaria.

Didirikan pada September 2004, sekolah dwibahasa Hungaria-China merupakan satu-satunya sekolah penuh waktu di Eropa tengah dan Eropa timur, yang menggunakan Bahasa Mandarin dan bahasa setempat. Saat ini, sekolah tersebut memiliki 12 tingkatan dan 20 kelas dengan lebih dari 530 siswa.

Dalam kunjungannya ke Hungaria pada Oktober 2009 lalu, Xi Jinping, yang saat itu masih menjabat sebagai wakil presiden China, berkesempatan mengunjungi sekolah tersebut.

Sebelum memasuki Festival Musim Semi, dua siswa bernama Hu Lingyue dan Song Zhixiao menulis surat kepada Xi Jinping dan istrinya, Peng Liyuan. Kedua siswa itu menuliskan surat atas nama seluruh siswa di sekolah tersebut untuk menyampaikan ucapan selamat Tahun Baru Imlek.

Dalam surat itu, mereka menceritakan bagaimana perasaan mereka mempelajari Bahasa Mandarin di sekolah tersebut selama 12 tahun serta menyatakan harapan mereka untuk belajar di universitas China dan berkontribusi dalam persahabatan antara Hungaria dan China.

Xi dan istrinya mengaku senang menerima surat dari pelajar Hungaria itu selama Festival Musim Semi 2023, yang juga menjadi awal dari Tahun Kelinci.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023