Dolar AS pada gilirannya dapat menikmati reli singkat jika pasar menilai kembali ekspektasi mereka untuk perubahan arah kebijakan FOMC yang cepat
Singapura (ANTARA) - Dolar secara luas datar terhadap mata uang utama lainnya di awal sesi Asia pada Rabu pagi, setelah melemah di sesi sebelumnya menyusul data AS yang menunjukkan tekanan upah moderat, dengan investor sangat menunggu kesimpulan dari pertemuan kebijakan Federal Reserve.

Bank Sentral AS diperkirakan akan menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin pada Rabu waktu setempat, tetapi konferensi pers Ketua Fed Jerome Powell kemungkinan akan mendapat sorotan karena para pedagang mencoba untuk mengukur berapa lama Fed kemungkinan akan tetap hawkish.

Indeks dolar, yang mengukur mata uang AS terhadap enam mata uang utama lainnya, turun tipis 0,029 persen menjadi 102,060. Indeks tergelincir 0,16 persen di sesi sebelumnya, sebagian karena laporan yang menunjukkan biaya tenaga kerja AS telah meningkat pada kuartal keempat pada laju paling lambat dalam setahun.

Baca juga: Wall St reli, data upah naik kurang dari harapan jelang keputusan Fed

Indeks telah jatuh selama empat bulan berturut-turut. Ketika para investor memperkirakan Fed mencapai akhir siklus kenaikan suku bunga, indeks jauh dari tertinggi 20 tahun di 114,78 yang disentuh pada 28 September.

Perhatian investor minggu ini juga akan tertuju pada jalur moneter yang diambil oleh Bank Sentral Eropa (ECB) dan Bank Sentral Inggrisk (BoE), yang masing-masing diperkirakan akan menaikkan suku bunga sebesar 50 basis poin pada Kamis (2/2/2023).

Euro turun 0,03 persen menjadi 1,0859 dolar, sementara sterling terakhir diperdagangkan pada 1,231 dolar, melemah 0,08 persen di awal perdagangan Asia.

Yen Jepang menguat 0,10 persen versus greenback di 129,98 per dolar.

Dana berjangka Fed memperkirakan suku bunga acuan Fed akan memuncak pada 4,91 persen pada Juni, naik dari 4,33 persen, kemudian turun menjadi 4,48 persen pada Desember.

"Kemajuan inflasi baru-baru ini telah mendorong pelaku pasar untuk memperkirakan The Fed dengan cepat beralih dari kenaikan suku bunga ke penurunan suku bunga," kata Carol Kong, ahli strategi mata uang di Commonwealth Bank of Australia.

Karena tanda-tanda pelonggaran pasar tenaga kerja terbatas, The Fed kemungkinan akan memasangkan kenaikan suku bunga yang lebih kecil minggu ini dengan komunikasi hawkish, katanya.

"Dolar AS pada gilirannya dapat menikmati reli singkat jika pasar menilai kembali ekspektasi mereka untuk perubahan arah kebijakan FOMC yang cepat."

The Fed menaikkan suku bunga sebesar 50 basis poin pada Desember setelah empat kenaikan suku bunga 75 basis poin berturut-turut. Dikatakan kemudian bahwa suku bunga mungkin perlu lebih tinggi lebih lama untuk menjinakkan inflasi.

"Ekspektasi soft landing telah meningkat sejak awal tahun, relatif terhadap taruhan resesi yang meningkat yang terlihat pada paruh kedua tahun lalu," kata ahli strategi Saxo Markets.

"Ada beberapa alasan untuk percaya bahwa Powell dan tim mungkin bertujuan untuk memperpanjang siklus kenaikan (suku bunga) untuk membeli lebih banyak waktu buat menilai data yang masuk dan dampak dari kenaikan suku bunga agresif mereka sebelumnya."

Baca juga: Dolar bersiap untuk penurunan bulanan ke-4, pertemuan Fed makin dekat

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023