Malang (ANTARA) - Pojok Statistik Universitas Brawijaya (UB) meraih penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS) RI sebagai yang terbaik pertama secara nasional.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Kepala BPS RI Margo Yuwono kepada Rektor UB, Prof Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc di Jakarta, Senin (30/1).

"Prestasi yang diraih oleh UB ini berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi, pemaparan program kerja, dan wawancara terhadap kegiatan yang dilakukan selama tahun 2022," kata Ketua Tim Pojok Statistik UB dari BPS Kota Malang Tasmilah dalam keterangan yang diterima di Malang, Jawa Timur, Rabu.

Tasmilah mengatakan perolehan nilai tertinggi diberikan karena keragaman kegiatan dan pelayanan statistik, seperti konsultasi statistik, edukasi statistik, sebagai mitra pada program PKM Tematik FMIPA, dan mitra MBKM FEB.

Selain itu, lanjutnya, keterlibatan dalam dosen praktisi untuk mata kuliah statistika dan ekonometrika di FEB, berkontribusi pada program dosen berkarya, dan berpartisipasi dalam penilaian akreditasi program studi di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)

Sementara itu, Rektor UB Prof Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc, mengucapkan terima kasihnya atas kerja sama yang menguntungkan dengan BPS.

"Alhamdulillah, mahasiswa kami sudah mendapatkan manfaat dari BPS untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Desa di 57 desa/kelurahan. Kita punya program membangun 1.000 desa di Jawa Timur," katanya.

Mantan Dekan FMIPA UB itu mengatakan BPS banyak memberikan dukungan, terutama dalam membangun pangkalan database di desa melalui pendampingan dan pembinaan statistik.

"Semoga ke depan UB bisa menjadi pusat pembangunan Indonesia," ujarnya.

Pojok Statistik Universitas Brawijaya merupakan kolaborasi antara BPS Kota Malang dengan Fakultas Ekonomi dan Universitas Brawijaya.

Pojok Statistik didirikan dengan tujuan untuk meningkatkan literasi statistik dan mendekatkan layanan statistik di perguruan tinggi.

Dalam sambutan penyerahan penghargaan, Kepala BPS RI Margo Yuwono menyampaikan bahwa Pojok Statistik merupakan kolaborasi dengan sivitas akademika dalam peningkatan literasi dan pemanfaatan data sampai tingkat desa.

Pojok Statistik Universitas Brawijaya berdiri atas inisiasi dari Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Dekan FMIPA, dan Kepala BPS Kota Malang.

Pojok Statistik ini memperoleh dukungan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis UB, mulai dari fasilitas ruangan hingga berbagai kegiatan yang melibatkan mahasiswa.

Acara Pojok Statistik Award di Jakarta juga dihadiri oleh Kepala BPS Kota Malang Erny Fatma Setyoharini.

Dalam kepemimpinan Erny ini Pojok Statistik Universitas Brawijaya diinisiasi dan diresmikan pada 21 Maret 2022, dengan dukungan penuh dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Baca juga: Universitas Brawijaya gandeng Sucofindo kembangkan potensi SDM
Baca juga: Inovasi peneliti Universitas Brawijaya raih Diamond IHI Award

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023