Jakarta (ANTARA/JACX) - Narasi pencopotan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dibagikan kanal YouTube dengan lebih dari 61.000 pengikut.

"Tanpa kompromi...T1TO PECAT TIDAK HORMAT H3RU USAI KEJAKSAAN UMUMKAN PJ GUBERNUR RESMI TERSANGKA," demikian keterangan yang disematkan dalam video yang diunggah pada 19 Januari 2023.

Konten tersebut turut menampilkan Mendagri Tito dengan setelan jas hitam, yang tengah diwawancarai media. 

Berikut keterangan mantan Kapolri tersebut dalam wawancara itu:
"Mendagri mendelegasikan kewenangan kepada Pj yaitu yang pertama melakukan pemberhentian yang terlibat pidana atau yang sudah ditetapkan sebagai tersangka atau yang sudah ditangkap ditahan,".

Pada menit pertama rekaman gambar tersebut, diperlihatkan pula seorang pria berkacamata dengan baju putih dan rompi merah muda khas tahanan Kejagung.

Lantas, benarkah Heru Budi dicopot Tito dari jabatan Pj Gubernur Jakarta?
Tangkapan layar narasi hoaks yang menyatakan bahwa Heru Budi dicopot Tito dari jabatan Pj Gubernur Jakarta (YouTube)


Penjelasan:
Pencopotan Pj Gubernur Heru Budi Hartono oleh Mendagri Tito dipastikan sebagai kabar bohong atau hoaks.

Pada 31 Januari 2023, dalam pemberitaan ANTARA, Heru terlihat masih menjalankan tugasnya sebagai Pj Gubernur DKI dengan meninjau pos layanan terpadu kesehatan anak di Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara.

Saat ditelusuri, video di YouTube itu juga tidak menjelaskan adanya pemecatan Heru Budi. Konten tersebut didominasi dengan pandangan politik sejumlah pengamat tentang kinerja Heru Budi sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta.

Cuplikan gambar wawancara yang memperlihatkan Mendagri Tito pun tidak membahas pemecatan Heru Budi. 

Tito sebenarnya sedang menjelaskan tentang wewenang Pj Kepala Daerah yang boleh memecat atau memutasi ASN yang terlibat kasus pidana. Rekaman gambar itu juga dapat dilihat di video berikut.

Sementara pria dengan baju putih dan rompi merah tahanan Kejagung merupakan salah satu tersangka korupsi impor garam, mengacu video media ini.

Klaim: Heru Budi dicopot Tito dari jabatan Pj Gubernur Jakarta
Rating: Disinformasi

Baca juga: Heru: Sodetan Kali Ciliwung bisa kurangi banjir hingga 10 persen

Cek fakta: Hoaks! Heru Budi diminta Jokowi acak-acak karya Anies

Cek fakta: Misinformasi! Heru minta 50 persen infak masjid Jakarta disetor ke ormas

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2023