Jakarta (ANTARA) - Pebalap sepeda Indonesia Aiman Cahyadi debut manis bersama tim asal Malaysia Terengganu Polygon Cycling Team dalam ajang internasional Tour de of Sharjah di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), 27-31 Januari.

Berdasarkan laman resmi yang dirilis, Rabu, Aiman sukses menjadi yang terbaik untuk klasifikasi gunung dengan mengantongi 29 poin. Dia mengalahkan dua pebalap Maroko Oussama Khafi di urutan kedua dengan 17 poin dan Imad Sekkak yang mengantongi 13 poin.

Sementara untuk klasifikasi umum, Aiman berada di urutan ke-29, terpaut 3 menit 25 detik dari pemenang asal Belanda wakil dari Roojai Online Insurance, Adne Van Engelen, yang selama Tour de Sharjah 2023 mencatatkan waktu 9:48:17 jam.

Lalu untuk klasifikasi sprint, Aiman berada di urutan ke-26 dengan mengemas 7 poin. Pemenangnya adalah Nassim Saidi dari Dubai Police Cycling Team yang selama lima etape mengumpulkan 51 poin.

Bagi Aiman, kemenangan ini menjadi awal yang manis sejak bergabung bersama Terengganu Polygon Cycling Team pada awal 2023. Sebelumnya, pebalap kelahiran 16 November 1993 itu selama dua musim terakhir bersama tim asal Indonesia Mula Cycling.

Adapun sepanjang lima etape dalam gelaran Tour of Sharjah 2023, Aiman tampil apik. Khusus untuk klasifikasi gunung, pebalap Merah Putih itu mulai mendulang poin pada etape kedua dengan 3.

Baca juga: Aiman Cahyadi masuk empat besar terbaik Asia dalam Tour Langkawi

Kemudian Aiman menambah 14 poin pada etape ketiga yang menempuh jarak 117,13 km dari Dibba Al-Hisn menuju Wadi al Helo. Pada etape keempat, Aiman menambah 14 poin sehingga total mengemas 29 poin.

Pada hari terakhir, Aiman tak menambah poin. Meski begitu dia tetap kokoh di puncak klasemen klasifikasi gunung, sekaligus memastikan menjadi yang terbaik.

Secara tim, Terengganu Polygon Cycling Team berada di peringkat kelima dari total 23 tim yang tampil. Tim asal Negeri Jiran ini terpaut 4 menit 14 detik dari pemenang Roojai Online Insurance asal Thailand yang selama lomba membukukan 29:27:21 jam.

Baca juga: Aiman Cahyadi raih perak kedua dari balap sepeda SEA Games

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023