Sertifikasi yang sudah didapatkan BRINS ini menjadi tantangan ke depannya untuk selalu menerapkan, membangun, memelihara, dan meningkatkan program kepatuhan antipenyuapan dalam lingkungan kerja
Jakarta (ANTARA) - PT BRI Asuransi Indonesia atau BRINS mendapatkan sertifikat ISO 37001:2016, yang diterbitkan lembaga sertifikasi PT BSI Group Indonesia, setelah menjalani serangkaian proses audit sertifikasi sesuai dengan penerapan sistem manajemen anti penyuapan (SMAP) berstandar internasional.

Penerapan SMAP tersebut memiliki ruang lingkup sistem manajemen pengadaan barang dan jasa di Divisi Logistik Kantor Pusat, yang terhitung efektif mulai 29 Desember 2022.

"BRINS berhasil menambah pengakuan internasional dengan adanya sertifikasi ISO 37001:2016 SMAP yang terakreditasi, penilaiannya dilakukan oleh pihak eksternal agar lebih terpercaya dan diakui oleh negara-negara," ujar Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko BRINS Heri Supriyadi dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu.

Dewan komisaris, direksi, dan seluruh pekerja BRINS atau BRI Insurance telah berkomitmen menerapkan SMAP sebagai upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi, kolusi, dan nepotisme sejak diselenggarakan kick off meeting pada 18 April 2022 di Menara BRIlian.

SMAP diimplementasikan dalam rangka penerapan pencegahan suap dan korupsi di perusahaan, serta menerapkan budaya kejujuran, transparansi, keterbukaan, dan kepatuhan hukum sebagai bagian dari upaya untuk mewujudkan tata kelola perusahaan yang baik, bersih, dan sehat.

Heri menjelaskan implementasi SMAP dilakukan dengan mengadopsi kebijakan anti penyuapan, penunjukan fungsi kepatuhan anti penyuapan, penilaian risiko terhadap proyek dan rekan bisnis (vendor), penerapan kontrol finansial, serta pelaporan dan investigasi.

Mendapatkan Sertifikasi ISO 37001:2016 merupakan tonggak penting bagi BRI Insurance untuk selalu mengedepankan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance/GCG) dalam menjalankan seluruh aktivitas perusahaan.

Sertifikasi yang didapatkan oleh BRINS adalah bukti nyata atas kesadaran seluruh Sobat BRINS dalam mengimplementasikan SMAP.

Heri mengungkapkan sertifikasi yang sudah didapatkan BRINS ini menjadi tantangan ke depannya untuk selalu menerapkan, membangun, memelihara, dan meningkatkan program kepatuhan antipenyuapan dalam lingkungan kerja.

Selain itu, keberhasilan BRINS dalam meraih sertifikasi ISO 37001:2016 SMAP diharapkan dapat menambah nilai kepercayaan para pemangku kepentingan (stakeholders) yang selaras dengan visi BRINS untuk menjadi The Most Trusted Partner for Reliable Protection Solution.

Baca juga: BRINS terima penghargaan GCG sebagai "Indonesia Trusted Company"
Baca juga: BRINS nilai analisis data penting bagi industri asuransi
Baca juga: BRI Insurance dinobatkan sebagai Insurance Market Leader 2022

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023