Jakarta (ANTARA) - Bepergian menggunakan transportasi umum memang memiliki tantangan tersendiri, apalagi ketika jalanan macet disertai cuaca yang tidak bersahabat, baik itu hujan ataupun panas karena teriknya matahari.

Walaupun tak dapat mengubah keadaan jalanan maupun cuaca, tetapi tetap ada banyak cara agar perjalanan terasa lebih ringan, aman dan mood dapat tetap terjaga, dengan berbagai serangkaian persiapan khusus.

Kali ini Shopee melalui keterangannya pada Rabu, berbagi tips persiapan dalam memilih barang-barang apa saja yang perlu dibawa saat bepergian dengan kendaraan umum.

1. Persiapan agar kulit tidak belang karena cuaca

Perubahan cuaca panas maupun hujan yang kerap kita rasakan saat di perjalanan ke kantor maupun pulang, pastinya sangat berdampak bagi kulit. Jangan sampai, menghadapi kondisi cuaca yang tak menentu seperti sekarang membuat kulit setiba di kantor menjadi belang, kusam, dan tidak cerah. Maka dari itu, pastikan benda-benda ini ada di dalam tas.

Jaket anti UV perlu dibawa walaupun dari rumah sunscreen wajah dan badan sudah digunakan. Tetapi jangan lupa gunakan jaket anti UV untuk perlindungan ganda kulit dari paparan sinar UV, dan fashion item penambah gaya di perjalanan.

Payung lipat multifungsi bukan hanya untuk hujan, juga dapat melindungi dari terik dan panasnya matahari.

Topi, jedai, dan kacamata ala Korea street style, walaupun bukan untuk melindungi kulit secara langsung, tapi dapat sebagai pelindung kepala, rambut, dan mata dari debu dan sinar matahari.

2. Self-defense kit anti copet dan kejahatan lainnya

Sekarang tidak hanya makeup-kit yang perlu kita bawa saat bepergian, self-defense kit juga perlu ditambah dan menjadi item barang wajib punya untuk melindungi diri dari kejahatan baik di tempat sepi maupun ramai. Apalagi dalam situasi harus berkendaraan umum menuju kantor dan berdesak-desakan dengan banyak orang.

Salah satu caranya adalah dengan membawa alat pertahanan diri, seperti semprotan merica, ataupun personal alarm yang bisa digabungkan dalam satu kit agar lebih mudah dibawa ke manapun.

Selain itu dapat juga ditambahkan self-defense stick atau kubotan yang merupakan alat pertahanan diri berbentuk batang atau pisau kecil kurang lebih 15 cm, ujungnya yang tajam akan membantu kita untuk menyerang titik-titik lemah musuh. Biar tetap keren, self-defence kit ini sudah banyak dijual dengan warna dan motif menarik.

3. Pastikan perjalanan ke kantor tidak membosankan

Biarpun menempuh perjalanan yang cukup melelahkan, jangan sampai membuat mood kita turun dan berubah menjadi negatif dengan cepat. Selama menunggu kemacetan atau saat mengantre bus maupun kereta, sebenarnya banyak cara yang dapat dilakukan dengan barang-barang dapat ditemukan di Shopee.

Earbuds atau headset perlu ikut serta karena selain bisa menemani perjalanan dengan mendengar lagu favorit, manfaatkan untuk mencari hiburan lainnya lewat smartphone.

Agar setiba di kantor kita tidak merasa badmood karena ‘bau jalanan’, jangan lupa membawa parfum ukuran sedang atau travel size di tas dengan wangi favorit yang membantu memberi aroma segar pada tubuh dan kembali bersemangat.

Jalan kaki menuju stasiun atau terminal bisa jadi tambah menyenangkan bila dilakukan sambil mengasah kemampuan kita bermain lato-lato. Bahkan bisa juga membawa rubik, atau mainan kecil lainnya agar tidak bosan menunggu bus atau kereta kalian tiba. Selain mengasah keterampilan tangan, juga bisa jadi menambah hiburan selain bermain smartphone.

Head of Electronics & FMCG Shopee Indonesia Putri Lukman mengatakan setiap orang memiliki rintangan dan tantangannya tersendiri dalam bepergian ke kantor begitupun sebaliknya ketika perjalanan pulang ke rumah.

"Agar membuat hari menjadi lebih bersemangat, diperlukan persiapan untuk membuat perjalanan lebih nyaman. Maka dari itu, dalam rangkaian kampanye Shopee COD 2.2 Sale kali ini, Shopee mencoba memfasilitasi kebutuhan untuk menemani perjalanan menjadi lebih mudah, menyenangkan dan aman dengan beberapa produk rekomendasi," kata Putri.

Benda-beda wajib dibawa saat perjalanan dengan kendaraan umum ini bisa didapatkan dengan berbagai promo menarik pada puncak kampanye Shopee 2.2 di 2 Februari 2023.

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023