Jakarta (ANTARA) - Bayern Munich dan RB Leipzig merebut tiket perempat final Piala Jerman, setelah kedua tim tersebut mempecundangi lawan-lawannya pada pertandingan 16 besar yang dimainkan pada Kamis dini hari WIB.

Bayern sukses mengukir kemenangan besar 4-0 di markas Mainz, sedangkan juara bertahan Leipzig mencatatkan kemenangan 3-1 atas tamunya Hoffenheim, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Pada pertandingan yang dimainkan di Mewa Arena, Mainz, Bayern berada di bawah tekanan besar lantaran telah menjalani tiga pertandingan pertama di liga pada 2023 tanpa satu kemenangan pun. Mereka pun berpeluang gagal lolos ke perempat final Piala Jerman untuk perytama kalinya dalam tiga tahun.

Kecemasan Bayern tidak bertahan lama, karena pada menit ke-17 Eric Maxim Choupo-Moting sukses memaksimalkan umpan silang pemain baru Joao Cancelo untuk mengonversinya menjadi gol pembukaan.

Bayern menggandakan keunggulannya pada menit ke-30. Kali ini pemain veteran Bayern Thomas Mueller mengumpankan bola kepada penyerang muda Jamal Musiala, untuk diteruskan dengan tembakan jarak dekat yang mengubah skor menjadi 2-0.

Pemain sayap Leroy Sane membukukan gol ketiga Bayern pada menit ke-44, yang berhasil memaksimalkan bola lambung dari mantan penyerang Mainz Choupo-Moting untuk menutup keunggulan tiga gol Bayern pada babak pertama.

Alphonso Davies yang masuk sebagai pemain pengganti Cancelo melengkapi kemenangan Bayern pada menit ke-83, saat ia menanduk bola kiriman Matthijs de Ligt.

Upaya Mainz untuk dapat setidaknya memperkecil ketertinggalan semakin disulitkan dengan kartu kuning kedua yang dihadiahkan kepada Alexander Hack pada menit ke-82. Bahkan sebelum Hack diusir keluar lapangan, pelatih Mainz Bo Svensson sudah terlebih dahulu menerima kartu merah akibat mendebat asisten wasit beberapa saat sebelum gol Davies tercipta.
 

Leipzig singkirkan Hoffenheim

Pada pertandingan yang dimainkan lebih awal, RB Leipzig terlebih dahulu mengamankan tiket perempat final berkat kemenangan 3-1 untuk menyingkirkan Hoffenheim, pada pertandingan yang dimainkan di Red Bull Arena, Leipzig.

Leipzig memiliki catatan tidak terkalahkan di kandang sendiri pada liga musim ini. Catatan itu terlihat akan dapat diperpanjang ketika mereka membuka keunggulan pada menit kedelapan, saat Emil Forsberg menaklukkan kiper Oliver Baumann melalui tembakan jarak jauh.

Tuan rumah menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-41. Konrad Laimer mengendalikan bola sambil memutar badan, sebelum ia melepaskan tembakan keras kaki kiri yang bersarang di sudut jauh gawang Hoffenheim.

Harapan Hoffenheim untuk dapat mengejar ketertinggalan muncul pada menit ke-77, ketika Kasper Dolberg dapat menanduk umpan silang kiriman Angelino yang membobol gawang Orjan Nyland.

Namun memasuki menit ke-83, justru Leipzig yang mendapatkan gol ketiganya. Diawali bola kiriman Yussuf Poulsen, Timo Werner dengan mudah melesakkan bola untuk memaksa kiper Baumann memungut bola dari gawang sendiri untuk ketiga kalinya.
   
Baca juga: Union Berlin lolos ke perempat final setelah taklukkan Wolfsburg
 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023