Jakarta (ANTARA) - Barcelona kukuh di puncak klasemen sementara setelah menang 2-1 atas Real Betis dalam jornada ke-17 Liga Spanyol di Stadion Benito Villamarin, Kamis.

Dua gol Barcelona dicetak oleh Rapinha dan Robert Lewandowski di babak kedua sebelum Real Betis memperkecil ketertinggalan lewat gol bunuh diri Jules Kounde.

Kemenangan ini sekaligus memperpanjang catatan tidak terkalahkan Barcelona dalam 10 pertandingan terakhir (9 menang, 1 imbang). Posisi Barca juga kukuh di puncak klasemen dengan raihan 50 poin dari 19 laga, unggul delapan poin dari Real Madrid di posisi kedua yang baru bermain 18 kali.

Baca juga: Bellerin resmi tinggalkan Barcelona untuk bergabung ke Sporting Lisbon

Barcelona seperti biasa langsung mendominasi penguasaan bola sejak pertandingan dimulai. Namun, peluang emas pertama justru diciptakan Real Betis pada menit ke-10 saat umpan Borja Iglesias disambar Luiz Henrique dari jarak dekat.

Bola masih bisa diblok Alejandro Balde hingga melenceng tipis samping gawang Marc Andre ter Stegen.

Barcelona baru bisa membalas pada menit ke-37. Pedri mendapatkan bola sebelum melepaskan tembakan dari sisi kanan, tetapi kiper Betis Rui Silva masih bisa menghalaunya dengan kaki.

Dua menit kemudian giliran Gavi yang mendapatkan kesempatan mencetak gol, tetapi tendangannya masih melenceng tipis ke kiri gawang Real Betis.

Meski mendominasi penguasaan bola, Barcelona kesulitan menciptakan peluang hingga babak pertama berakhir. Skor tetap 0-0.

Baca juga: Atletico Madrid datangkan bek kanan Matt Doherty

Selepas jeda, Barcelona tidak mengubah permainannya dan mendapatkan peluang bagus. Balde menusuk dari sisi kiri dan mengirimkan umpan ke Pedri yang sempat melewati dua pemain di kotak penalti.

Sayang Rui Silva sudah terlebih dahulu menangkap bola sebelum Pedri melepaskan tendangan.

Barcelona akhirnya mencetak gol pada menit ke-65. Tusukan Balde di sisi kiri diteruskan dengan umpan silang yang berhasil disambar oleh Raphinha dari jarak dekat. Kedudukan menjadi 1-0.

Tim tamu berhasil menggandakan keunggulan mereka menjadi 2-0 pada menit ke-80. Kali ini giliran Robert Lewandowski yang mencatatkan namanya di papan skor setelah menyambar bola hasil sundulan Ronald Araujo.

Enam menit kemudian, Betis berhasil memperkecil ketertinggalan lewat gol bunuh diri Jules Kounde setelah dia gagal mengantisipasi umpan silang. Bola mengenai badannya dan masuk ke gawang sendiri.

Namun, tidak ada lagi gol tercipta di sisa waktu. Barcelona menang 2-1.

Baca juga: Isco tidak jadi bergabung ke Union Berlin

Susunan pemain:
Real Betis (4-2-3-1): Rui Silva; Aitor Ruibal (Sabaly 78'), German Pezzella, Luiz Felipe, Abner Vinicius; William Carvalho (Guardado 63'), Guido Rodriguez; Luiz Henrique, Nabil Fekir (Juanmi 63'), Sergio Canales; Borja Iglesias (Willian Jose 77')

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Jules Kounde, Andreas Christensen, Ronald Araujo, Alejandro Balde; Frenkie de Jong, Sergio Busquets, Pedri (Franck Kessie 90'); Raphinha (Ansu Fati 80'), Robert Lewandowski, Gavi (Ferran Torres 84')

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023