Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita humaniora pada Rabu (1/2) mulai dari hukuman penjara seumur hidup bagi pelaku kekerasan seksual hingga target beasiswa Kemendikbudristek mencapai 282.334 orang.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Hukuman kekerasan seksual

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga mengatakan hukuman penjara seumur hidup bagi pelaku kekerasan seksual adalah hukuman setimpal atas perbuatan biadab yang dilakukan pelaku kepada korban.

"Hukuman seumur hidup ini, kalau ada yang mengatakan tidak manusiawi, bagi saya itu sangat manusiawi," katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

2. Peran BUMDes

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar meminta agar Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) maupun BUMDes Bersama (BUMDesma) meningkatkan perannya dalam mendukung usaha milik warga desa.

"BUMDes dan BUMDesma tidak boleh menjadi pesaing baru bagi usaha milik warga desa, justru wajib menjadi konsolidator usaha warga desa," ujarnya.

Berita selengkapnya klik di sini

3. Peta jalan dakwah

Kementerian Agama menargetkan memiliki peta jalan dakwah secara nasional pada 2023 dalam upaya memperkokoh kerukunan antarumat beragama.

"Kami menargetkan tahun ini memiliki peta dakwah secara nasional," ujar Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin.

Berita selengkapnya klik di sini

4. Distribusi dokter spesialis

Akademisi dari Fakultas Kedokteran Universitas Mataram, Nusa Tenggara Barat dr. Hamsu Kadriyan mengatakan pendistribusian dokter spesialis harus tersebar merata di seluruh daerah.

"Kalau menurut saya, selain mungkin kita bisa menaikkan jumlah (kuantitas) dokter spesialis, kita juga harus melakukan pemerataan," katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

5. Beasiswa Kemendikbudristek

Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan Andin Hadiyanto menyatakan target beasiswa kolaborasi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) sebanyak 282.334 orang.

“Kemendikbudristek akan membiayai sekitar 282.334 orang penerima beasiswa, yang degree-nya ada 1.054 orang dan non-degree-nya 281.280 orang,” katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2023