Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa di Indonesia terjadi pada Rabu (1/2) disiarkan LKBN ANTARA dan masih layak Anda baca kembali untuk informasi pagi ini.

1. Mantan Hakim Itong ditempatkan di sel isolasi

Mantan hakim Itong Isnaeni Hidayat ditempatkan di sel isolasi selama 7 - 14 hari usai dipindahkan oleh Jaksa KPK ke Lapas I Surabaya, di Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu.

Kakanwil Kemenkumham Jatim Imam Jauhari dalam keterangan pers mengatakan pihaknya tidak memberikan keistimewaan kepada mantan Hakim Pengadilan Negeri Surabaya itu.

Selengkapnya baca di sini

2. Misinformasi! Video penculikan anak balita di sekolah

Kabar tentang penculikan anak menjadi perbincangan warganet Tanah Air di berbagai daerah.

Salah satunya, video yang dinarasikan sebagai aksi penculikan anak di sebuah sekolah. Video berdurasi 30 detik itu lantas viral di media sosial Facebook.

Selengkapnya baca di sini

3. Mahfud MD: UU Pembatasan Uang Kartal dapat meminimalkan korupsi

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD berpendapat keberadaan Undang-Undang (UU) tentang Perampasan Aset dan UU tentang Pembatasan Transaksi Uang Kartal dapat meminimalkan tindak pidana korupsi.

"Perampasan aset itu dibuktikan dulu di pengadilan bahwa ini hartanya ini, tapi ditolak di DPR RI. Yang kedua, Undang-Undang Pembatasan Belanja Uang Tunai (Kartal). Kan enak ya kalau uang belanja tunai itu dibatasi ketentuannya. Misalnya, barang siapa mau melakukan transaksi, kalau mencapai 100 juta harus antarbank, diambil dari bank mana, dikirim ke bank mana. Orang kan enggak bisa korupsi kalau begitu," jelas Mahfud.

Selengkapnya baca di sini

4. Mahfud MD yakin hakim beri vonis adil terhadap Ferdy Sambo

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD meyakini hakim akan memberikan vonis yang adil terhadap terdakwa kasus pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J), Ferdy Sambo.

"Saya percaya hakim bisa membaca denyut-denyut keadilan yang disuarakan Kejaksaan maupun oleh publik, oleh masyarakat," ujar Mahfud kepada wartawan saat menghadiri Rapat Pimpinan Penyampaian Arah Kebijakan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI Tahun Anggaran 2023 bertajuk "Transformasi Lemhannas RI 4.0" di Gedung Pancagatra Lemhannas RI, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini

5. KPK tegaskan tak ada muatan politik dalam penegakan hukumnya

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan tidak ada muatan politik dalam penegakan hukum dalam memberantas tindak pidana korupsi.

Hal itu disampaikan Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri, menanggapi pernyataan mantan wakil menteri hukum dan HAM Denny Indrayana yang menuding penegakan hukum oleh KPK bermuatan politik dan bertujuan menjegal calon presiden tertentu.

Selengkapnya baca di sini

Pewarta: Fauzi
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023