Melalui program ini Kemenparekraf juga mengajak masyarakat untuk membuat dan berbagi konten kreatif di media sosial jika melihat mobil atau transportasi publik berstiker ATF 2023 dan destinasi wisata #DiIndonesiaAja
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Grab Indonesia meluncurkan "Numpang Pesona Jogja Istimewa’ dengan menghiasi 50 unit armada dan transportasi publik Trans Jogja menyambut ajang ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023.

Dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menyebutkan "Numpang Pesona Jogja Istimewa" merupakan salah satu program aktivasi yang dikemas melalui wrapping brand Wonderful Indonesia sebagai upaya membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

"Melalui program ini Kemenparekraf juga mengajak masyarakat untuk membuat dan berbagi konten kreatif di media sosial jika melihat mobil atau transportasi publik berstiker ATF 2023 dan destinasi wisata #DiIndonesiaAja," kata Sandiaga Uno.

Menparekraf Sandiaga menjelaskan akan ada gambaran pesona Yogyakarta Istimewa dan 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DSPS) mulai dari Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang, yang tampil menghiasi 50 unit armada Grab Car dan transportasi publik Trans Jogja.

Armada tersebut akan mengitari keramaian pusat kota di Yogyakarta dengan melewat jalur strategis penyelenggaraan ATF 2023 dan pusat keramaian di Malioboro.

Baca juga: Indonesia siap helat ASEAN Tourism Forum 2023 di Yogyakarta

ATF 2023, jelas Sandiaga, memiliki makna yang cukup besar karena akan menjadi kegiatan pembuka pertemuan antar-menteri dan stakeholders pariwisata dan ekonomi kreatif se-ASEAN.

Karenanya, lanjut Sandiaga, momentum ini tidak dilewatkan begitu saja dan dimanfaatkan untuk melakukan promosi dengan program "Numpang Pesona Jogja Istimewa" sebagai bentuk gerak bersama mewujudkan program kemitraan co-branding Wonderful Indonesia.

“Bagi masyarakat masyarakat yang beruntung akan ada hadiah menarik berupa voucher dan uang tunai total puluhan juta persembahan dari Wonderful Indonesia dan Grab Indonesia hingga 28 Februari ini,” jelas Sandiaga Uno.

Lebih lanjut Menparekraf Sandiaga juga berharap ATF 2023 yang bertema "ASEAN: A Journey to Wonderful Destinations" ini dapat menghadirkan wisatawan mancanegara (wisman) yang turut membeli produk-produk ekonomi kreatif Indonesia.

“Kami berharap target kunjungan wisman 7,4 juta tahun 2023, diawali kesuksesannya dari ATF 2023,” ujar Sandiaga Uno.

Baca juga: Yogyakarta dua kali jadi tuan rumah ATF

Pewarta: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023