Ini adalah kemenangan besar bagi gerakan akar rumput, orang-orang pribumi yang telah berjuang untuk mendekolonisasi negara ini,
Jakarta (ANTARA) - Australia akan mengganti gambar Ratu Elizabeth II pada pecahan uang kertas 5 dolar Australia dengan desain baru untuk mencerminkan dan menghormati peradaban dan budaya penduduk asli negara tersebut, kata keterangan Bank Sentral Australia pada Kamis.

Keputusan untuk mengganti gambar Ratu Elizabeth II pada uang kertas 5 dolar Australia telah dikonsultasikan dengan pemerintah federal, yang mendukung rencana tersebut.

Kematian Ratu Elizabeth tahun lalu telah membangkitkan kembali perdebatan di Australia tentang masa depannya sebagai negara monarki konstitusional. Pada referendum 1999, sebagian besar rakyat Australia memilih untuk mempertahankan Ratu Inggris sebagai kepala negaranya.

Keputusan itu juga didukung oleh pemerintahan Partai Buruh Australia yang mendorong pelaksanaan referendum mengenai soal itu.

Referendum tersebut perlu dilakukan untuk mengubah konstitusi, demi mengakui masyarakat pribumi dalam dokumen tersebut.

Otoritas Australia juga mengatakan gambar Raja Charles III tidak akan secara otomatis menggantikan Ratu Elizabeth II pada uang kertas 5 dolar, melainkan mungkin akan digantikan oleh tokoh Australia.

Sementara itu, Perdana Menteri Anthony Albanese lama dikenal sebagai pendukung gerakan republikan, namun setelah kematian sang ratu pada bulan September 2022, dia mengatakan saat itu bukanlah waktu yang tepat untuk berdebat tentang peran monarki di Australia.

Bank Sentral Australia mengatakan pihaknya akan berkonsultasi dengan kelompok pribumi dalam mendesain pecahan uang kertas 5 dolar, yang membutuhkan proses bertahun-tahun. Namun, uang kertas bergambar Ratu Elizabeth II akan terus dikeluarkan sampai desain baru selesai dan dicetak.

"Ini adalah kemenangan besar bagi gerakan akar rumput, orang-orang pribumi yang telah berjuang untuk mendekolonisasi negara ini," kata anggota parlemen dari Partai Hijau Lidia Thorpe, yang juga seorang keturunan pribumi.

Australia pada 2021 secara resmi mengubah lagu kebangsaannya untuk menghapus makna bahwa negara itu "muda dan bebas" di tengah dorongan untuk mengakui bahwa penduduk asli negara tersebut adalah peradaban tertua di dunia.

Pecahan 5 dolar adalah satu-satunya uang kertas Australia yang bergambar mendiang Ratu. Namun, uang koin Australia diamanatkan untuk menampilkan gambar kepala negara Inggris dan koin keluaran baru akan bergambar Raja Charles III.

Sumber: Reuters

Baca juga: Bank sentral Australia luncurkan proyek mata uang digital
Baca juga: ANZ menjadi bank Australia pertama yang mencetak stablecoin

Penerjemah: Kenzu Tandiah
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023