PGN dan Kima akan menggali potensi kerja sama, khususnya terkait penyediaan gas bumi beserta turunannya
Jakarta (ANTARA) - Subholding Gas Pertamina, PT PGN Tbk, meningkatkan pemanfaatan gas bumi dengan volume hingga 3 BBTUD (billion bristh thermal unit per day) di kawasan Indonesia timur melalui penandatanganan kerja sama dengan PT Kawasan Industri Makassar (Kima).

Penandatanganan nota kesepahaman (MOU) kerja sama tersebut dilakukan Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN Heru Setiawan dan Direktur Kima Alexander Chandra Irawan di Jakarta, Jumat (27/1/2023).

"PGN dan Kima akan menggali potensi kerja sama, khususnya terkait penyediaan gas bumi beserta turunannya. Baik gas pipa, CNG, ataupun LNG dapat menjadi pilihan energi utama untuk memenuhi kebutuhan energi tenant di dalam kawasan industri. Kerja sama ini berpotensi meningkatkan volume niaga gas bumi sebesar 1-3 BBTUD atas penyaluran gas bumi ke Kima dan sekitarnya," jelas Heru dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, penyaluran gas bumi ke Kawasan Industri Makassar, Sulsel, menjadi bentuk komitmen PGN dalam perluasan pemanfaatan gas bumi, khususnya untuk segmen retail industri di area baru seperti Makassar.

Saat ini, PGN tengah melancarkan upaya penetrasi pasar ke wilayah-wilayah di kawasan timur Indonesia untuk melayani sektor industri.

Heru mengatakan ekspansi itu dilakukan PGN dalam hal infrastruktur dan pemenuhan pasokan gas bumi baik melalui pipa maupun nonpipa.

PGN juga terbuka mengirimkan LNG ke luar Pulau Jawa, yang untuk mendukung pemenuhan LNG di Indonesia timur, PGN menggandeng PT Kayan LNG Nusantara.

Kerja sama dengan KIMA, yang merupakan bagian Holding PT Danareksa (Persero), mewujudkan sinergi dan kolaborasi antar-BUMN dalam mendukung peningkatan ekonomi nasional, melalui optimasi penyerapan energi, yang efisien dan ramah lingkungan di kawasan industri.

Menurut Heru, penggunaan gas bumi sebagai sumber energi bagi penyewa di Kawasan Industri Makassar KIMA juga sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 142 Tahun 2015.

"Besar harapan kami, penyediaan gas bumi ke Kawasan Industri Makassar dapat segera terlaksana. PGN dan KIMA bersama-sama menciptakan environment kawasan industri yang ramah lingkungan. Tentunya, juga memanfaatkan energi yang bersumber dari dalam negeri," jelasnya.

Heru mengatakan PGN sebagai Subholding Gas Pertamina akan terus berkomitmen mendukung penciptaan nilai tambah dan daya saing industri dengan efisiensi gas bumi.

Dengan penyerapan yang besar di kawasan industri, ia mengharapkan bisa menstimulasi bauran energi ramah lingkungan di masa transisi energi.

Baca juga: PGN berharap pembangunan pipa gas Cirebon-Batang direalisasikan
Baca juga: SKK Migas dukung keberlanjutan layanan gas bumi PGN untuk domestik
Baca juga: Subholding Gas Pertamina uji coba truk dengan bahan bakar LNG

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023