Jakarta (ANTARA) - Egy Maulana Vikri mencetak gol saat melakukan debutnya di Liga Indonesia, namun ia belum mampu membawa Dewa United meraih kemenangan atas tamunya Madura United pada pertandingan Liga 1 yang dimainkan di Stadion Indomilk Arena, Kabupaten Tangerang, Kamis sore WIB.

Mantan pemain Lechia Gdansk Egy membuka rekening golnya di Liga Indonesia saat ia memecah kebuntuan pada menit ke-17 untuk membawa Dewa memimpin 1-0. Namun eksekusi penalti Hugo Gomes pada menit ke-41 membuat Madura mampu mengamankan hasil imbang 1-1, demikian dipantau dari Jakarta.

Hasil itu menjadi hasil imbang kedua beruntun bagi Dewa, yang membuat mereka tetap menghuni posisi ke-14 di klasemen sementara Liga 1 dengan 23 poin. Sedangkan Madura menghentikan rentetan tiga kekalahan beruntun, dan hasil itu cukup untuk membawa mereka naik satu strip ke posisi keempat dengan koleksi 37 poin.

Tuan rumah menggebrak sejak awal. Karim Rossi menghadirkan ancaman pertama kepada Madura United, melalui tendangan bebas yang masih melambung ke atas mistar gawang.

Baca juga: Indra Sjafri yakin Egy Maulana berkembang di Dewa United

Dewa baru berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-17. Diawali Karim yang menerima operan, pemain Swiss itu kemudian mengirimkan umpan terobosan ke sisi kiri pertahanan Madura untuk dikonversi dengan apik menjadi gol oleh Egy melalui sepakan kaki kirinya.

Tim tamu tidak tinggal diam. Mereka balas meneror gawang Muhammad Natsir melalui kemelut pada menit ke-21. Sapuan yang buruk dari pemain bertahan Dewa membuat bola jatuh ke penguasaan Slamet Nurcahyo, sepakannya dapat ditahan kiper Natsir, untuk menimbulkan duel udara yang berujung pada pelanggaran terhadap sang kiper.

Tuan rumah Dewa ganti mengancam gawang Madura. Sepakan Asep Berlian masih lurus ke arah kiper Miswar Saputra, sedangkan sepakan jarak jauh Karim melebar ke sisi kanan gawang Madura.

Menjelang turun minum, Madura mendapat hadiah penalti karena tangan Asep Berlian mengenai bola di kotak terlarang. Hugo Gomes yang menjadi eksekutor Madura sukses menjalankan tugasnya. Sepakannya ke sisi kiri gawang Dewa gagal dihentikan Natsir, meski sang kiper bergerak ke arah yang benar. Itu merupakan gol keempat Hugo pada Liga Indonesia musim ini.

Baca juga: Drama lima gol warnai kemenangan Dewa United atas Persita Tangerang

Setelah turun minum, Madura mengambil inisiatif serangan terlebih dahulu. Dua kali kiper Natsir harus bekerja keras untuk mencegah gawangnya kembali kemasukan. Pertama saat ia menahan sepakan kaki kiri Taufik Hidayat, kemudian ketika Natsir harus menepis bola tendangan bebas Gomes.

Dewa pun balas mengancam. Sayangnya sepakan Asep Berlian mengarah lurus ke arah kiper Miswar Saputra, sedangkan tendangan spekulasi Majed Osman dapat dengan mudah ditangkap kiper Miswar.

Masuknya pemain pengganti Bayu Gatra dan Alberto Goncalves menjadi penanda betapa Madura ingin membawa pulang tiga poin. Bayu Gatra hampir menjadi sosok pembeda, ketika sepakannya pada menit ke-81 membentur mistar gawang Dewa.

Menjelang laga usai, Dewa terlihat lebih banyak mengendalikan permainan. Dua kali Karim Rossi menebar ancaman ke gawang tim tamu. Namun sepakan pertama pemain Swiss itu melebar ke sisi kiri gawang Madura, sedangkan tembakan berikutnya melambung ke atas mistar gawang Miswar.

Daftar susunan pemain:

Dewa United: Muhammad Natsir, Dias Angga Putra, Risto Mitrevski, Achmad Faris (Brian Fatari 46'), Frendi Saputra (Miftah Sani 68'), Asep Berlian, Ichsan Kurniawan (Natanael Siringoringo 85'), Rangga Muslim, Majed Osman, Egy Maulana Vikri (Ramai Rumakiek 67'), Karim Rossi

Madura United: Miswar Saputra, Alexvan Dijn, Cleberson, Kadek Raditya, Novan Setyo Sasongko (Reva Adi 79'), Slamet Nurcahyo (Lee Yoo Jun 79'), Hugo Gomes, Esteban Vizcara, Malik Risaldi (Kwabena Appiah 46'), Taufik Hidayat (Alberto Goncalves 72'), Rivaldy Bawuo (Bayu Gatra 72')

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023