Lanzhou (ANTARA) - LANZHOU, 2 Februari (Xinhua) -- Provinsi Gansu di China barat laut telah mencatat 60.128 ekor unggas air yang menghabiskan musim dingin dari 2022 hingga 2023, rekor tertinggi dalam hal jumlah unggas dan jumlah spesies unggas.

Didukung oleh Biro Kehutanan dan Padang Rumput Tingkat Provinsi setempat, para pakar, pejabat administrasi cagar alam, organisasi perlindungan satwa liar, dan pencinta unggas membentuk 29 tim investigasi untuk melakukan upaya pemantauan dan survei pada musim dingin kali ini.

Sebagian besar unggas air yang menghabiskan musim dingin tercatat berada di lembah-lembah sungai pedalaman Gansu sebelah barat Sungai Kuning, yang mencakup lebih dari 88 persen dari total populasi unggas, ujar Zhang Lixun, kepala tim pemantauan dan perlindungan keanekaragaman hayati satwa liar dari Fakultas Ekologi di Universitas Lanzhou.

Sungai Heihe, sungai pedalaman terbesar kedua di China, menjadi habitat utama unggas air yang menghabiskan musim dingin di provinsi tersebut selama periode ini, dengan lebih dari 26.000 unggas terpantau. Mayoritas unggas liar yang tercatat adalah anseriformes, tambah Zhang.

Selain itu, enam ekor ibis jambul, yang merupakan spesies unggas langka, juga terlihat menghabiskan musim dingin di Gansu untuk pertama kalinya.

Ibis jambul, dengan jambul merahnya yang ikonis dan paruh hitamnya yang panjang, di masa lalu tersebar luas di seluruh Asia Timur dan Siberia di Rusia. Spesies tersebut sempat dianggap telah punah di China sampai tujuh ekor ibis jambul liar ditemukan di wilayah Yangxian, Shaanxi, pada 1981, sebuah penemuan yang memicu penangkaran dan meningkatkan perlindungan terhadap spesies tersebut.

Gansu terletak pada dua jalur migrasi unggas internasional, yaitu dari Asia Tengah ke India dan dari Asia Timur ke Australia. Provinsi itu merupakan habitat yang penting secara global bagi unggas air untuk menghabiskan musim dingin dan melakukan pembiakan, yang juga memasok nutrisi bagi unggas-unggas yang bermigrasi. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023