Berikut sajian berita bidang politik yang dirangkum LKBN ANTARA
Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa bidang politik terjadi di Indonesia pada Kamis (2/2), mulai dari Presiden Jokowi blusukan ke rumah warga di Bali, hingga Panglima TNI kembali mutasi 84 jabatan termasuk Danpaspampres.

Berikut sajian berita bidang politik yang dirangkum LKBN ANTARA.

Presiden Jokowi blusukan ke rumah warga di Bali

Presiden Joko Widodo blusukan ke sejumlah rumah warga di Dusun Keingetan, Desa Singakerta, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali, pada Rabu (1/2).

Presiden Jokowi hanya didampingi seorang ajudan dan beberapa anggota Paspampres mengunjungi rumah warga untuk menyapa sekaligus memberikan bantuan.

Selengkapnya baca di sini.


Jokowi: Kontrol pusat ke bupati/wali kota terlalu jauh tanpa gubernur

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan penghapusan jabatan gubernur akan membuat rentang kontrol atau pengaturan dari pusat ke bupati/wali kota terlalu jauh.

Hal itu disampaikan Presiden menyikapi usulan Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) agar jabatan gubernur ditiadakan lagi pemilihannya pada pilkada mendatang.

Selengkapnya baca di sini.


Komisi III DPR RI batal gelar RDPU terkait kecelakaan mahasiswa UI

Komisi III DPR RI batal menggelar Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) untuk mendengarkan aspirasi Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (Iluni FHUI) terkait kecelakaan yang menewaskan mahasiswa Universitas Indonesia (UI).

Anggota Komisi III DPR RI Taufik Basari menjelaskan RDPU terpaksa ditunda karena keluarga mahasiswa UI yang tewas berhalangan hadir karena sejumlah hal yang menyangkut persoalan teknis.

Selengkapnya baca di sini.


Anies Baswedan bertemu AHY di Kantor Demokrat

Bakal calon presiden Partai NasDem Anies Baswedan bertemu Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kantor Demokrat, Jakarta, Kamis petang.

"Kami baru saja berdiskusi sekaligus rapat tim kecil dengan semangat kebersamaan," kata AHY saat memberikan keterangan pers.

Selengkapnya baca di sini.


Panglima TNI kembali mutasi 84 jabatan termasuk danpaspampres

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono kembali melakukan kebijakan mutasi untuk 84 jabatan di TNI, termasuk posisi komandan Pasukan Pengamanan Presiden (danpaspampres).

Mutasi 84 jabatan tersebut itu dituangkan dalam Surat Keputusan (SK) Panglima TNI Nomor Kep/114/I/2023 tentang Pemberhentian Dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI tanggal 31 Januari 2023, yang salinannya diterima ANTARA di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023