Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita penting dan menarik terjadi di Jakarta pada Kamis (2/2), mulai dari Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono jamin tidak ada lagi pembebasan lahan untuk proyek sodetan Ciliwung hingga kebakaran di gedung Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI)

Berikut rangkumannya dan agaknya masih menarik untuk jadi bahan referensi Anda pada Jumat pagi ini.  

1. Heru pastikan tak ada pembebasan lahan sodetan Ciliwung

Jakarta (ANTARA) - Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono memastikan tidak ada lagi pembebasan lahan untuk proyek sodetan Ciliwung karena sudah selesai dituntaskan pemerintah.

“Saya lihat di (sodetan) Ciliwung, sudah (pembebasan lahan),” kata Heru di Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis. Menurut dia, saat ini di ujung sodetan sedang dilakukan pelebaran sehingga jembatan yang ada di atasnya juga menyesuaikan sehingga dilebarkan sekitar 15 meter.

Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono memastikan tidak lagi pembebasan lahan untuk proyek sodetan Ciliwung karena sudah selesai dituntaskan pemerintah.

Baca selengkapnya


2. PAM Jaya diminta maksimal layani warga pasca swastanisasi berakhir

Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta Eneng Maliyanasari meminta BUMD Perumda PAM Jaya untuk memaksimalkan layanan air bersih kepada warga, setelah swastanisasi selama 25 tahun berakhir.

"Saat ini pengelolaan air bersih di Jakarta sudah 100 persen dikelola oleh Pemrov DKI Jakarta di bawah kendali BUMD yaitu PAM Jaya, maka harus dimanfaatkan untuk memaksimalkan pelayanan air bersih bagi masyarakat Jakarta," kata Eneng dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Menurut Eneng, berakhirnya swastanisasi ini, harus dimaksimalkan untuk perluasan cakupan pelayanan, penyediaan dan percepatan pelayanan air bersih, khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah dan kampung-kampung prioritas di Jakarta.

Baca selengkapnya

3. DKI keruk sungai hingga musim kemarau

Jakarta (ANTARA) - Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono merancang program pengerukan endapan lumpur di sejumlah sungai dan waduk di Ibu Kota hingga musim kemarau sebagai upaya pengendalian banjir saat musim hujan.

“Terus sampai musim panas juga kami keruk,” kata
Heru saat menanam pohon di Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis.

Selain sungai dan waduk, saluran primer dan sekunder hingga saluran penghubung di sejumlah titik di Jakarta juga dikeruk untuk mengendalikan genangan atau banjir di kawasan permukiman.


Baca selengkapnya


4. JakLingko resmi layani pembayaran tiket kereta cepat Jakarta-Bandung

Jakarta (ANTARA) - Anak usaha BUMD DKI Jakarta, PT JakLingko Indonesia, resmi berpartisipasi menjadi salah satu mitra dalam sistem pembayaran tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB).

Hal ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh Direktur Utama PT JakLingko Indonesia Muhamad Kamaluddin dan Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi di Kantor PT KCIC, Jakarta Timur, Rabu (1/2).

"Kami mengapresiasi peluang JakLingko Indonesia dapat melayani pembelian tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang terkoneksi dengan transportasi umum," kata Kamaluddin dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis

Baca selengkapnya


5. Gulkarmat kerahkan puluhan personel padamkan gedung PWRI Cilandak

Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan mengerahkan puluhan personel untuk memadamkan kebakaran di gedung Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI), Jalan Pinang Raya, Pondok Labu, Cilandak pada Kamis pukul 19.47 WIB.

"Pengerahan saat ini sebanyak 18 unit pemadam kebakaran serta 75 personel untuk melakukan pemadaman," seperti dikutip Instagram @humasjakfire.

Perwira Piket Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan Agus Sukoco dalam keterangannya, menyebutkan gedung berlantai tiga tersebut mulai dipadamkan pukul 19.58 WIB.

Baca selengkapnya

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023