Jakarta (ANTARA) - Apple mengungkap pencapaian terbaru dari segi penggunaan perangkat besutannya secara global kini telah melampaui dua miliar perangkat aktif.

Hal itu disampaikan oleh CEO Apple Tim Cook saat mencatat pendapatan akhir tahun.

"Pada Desember lalu (2022), kami mencapai tonggak penting dan dengan senang hati melaporkan bahwa kami sekarang memiliki lebih dari 2 miliar perangkat aktif," kata Tim Cook seperti dikutip dari The Verge, Jumat.

Baca juga: Analis perkirakan Apple hadirkan iPad lipat di 2024

Jumlah perangkat aktif itu dihitung dari pengunduhan dan pemasangan sistem operasi Apple seperti iOS, macOS, serta iPadOS.

Pencapaian tersebut terbilang sangat pesat sebab pada 2020 Apple baru mencapai 1,5 miliar perangkat aktif.

Artinya dalam kurun waktu dua tahun, banyak masyarakat di dunia yang memutuskan untuk membeli perangkat pintar dari Apple entah itu iPhone, iPad, ataupun Mac.

Jika dibandingkan dengan progres Apple menaikkan jumlah pengguna perangkatnya dari 1 miliar perangkat ke 1,5 miliar perangkat, maka bisa dibilang pencapaian di 2022 sangatlah pesat.

Karena pada saat Apple memiliki 1 miliar perangkat aktif di 2016, untuk menambah 500 juta perangkat aktif lainnya mereka membutuhkan waktu selama empat tahun.

Baca juga: Apple kembangkan perangkat lunak untuk headset MR

Pencapaian yang cukup mengesankan mengingat di 2021 Apple menghadapi tantangan rantai pasok akibat pandemi COVID-19 yang berdampak pada perusahaan-perusahaan pembuat perangkatnya.

Untuk perbandingan, pihak yang dapat menyaingi Apple dalam segi pengguna perangkat teknologi Apple saat ini ialah Google melalui pemasangan sistem operasi Android.

Google pada 2021 mencatat, pihaknya memiliki tiga miliar perangkat aktif yang menggunakan sistem berbasis Android dan terhubung ke akses Google Play Store.

Baca juga: iOS 17 dibocorkan akan fokus pada pengembangan efisiensi kerja ponsel

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023