Kami pastinya turut bangga karena ada di balik layar acara besar ini dan kami akan memberikan yang terbaik untuk mendukung acara ini
Jakarta (ANTARA) - PT Adhi Karya (Persero) Tbk ikut serta mengerjakan sejumlah pembangunan sarana pendukung kejuaraan dunia perahu super cepat atau powerboat F1H2O yang berlokasi di Danau Toba, Sumatera Utara.

Direktur Operasi I Adhi Karya A. Suko Widigdo dalam keterangan di Jakarta, Jumat, mengatakan emiten berkode saham ADHI itu mendapatkan mandat untuk mengerjakan beberapa persiapan antara lain lahan parkir container seluas 12 hektare, dermaga wet paddock, plaza landscape, serta bangunan utilitas prasarana pendukung event di kawasan tersebut.

"Kami pastinya turut bangga karena ada di balik layar acara besar ini dan kami akan memberikan yang terbaik untuk mendukung acara ini," katanya.

Secara keseluruhan progres pembangunan kawasan F1H20 Danau Toba sudah mencapai 88 persen, dan saat ini sedang tahap penyelesaian (finishing) dan direncanakan selesai pada Februari 2023.

Dalam proses pembangunan, ADHI juga turut melibatkan pekerja-pekerja lokal untuk membangun kawasan yang akan menjadi kebanggaan Indonesia dan masyarakat sekitar.

Diharapkan dengan adanya proyek ini, kawasan sekitar menjadi lebih tertata, nama daerah lebih dikenal mancanegara dan meningkatkan pertumbuhan UMKM serta dapat membuka lapangan kerja baru.

Danau Toba mendapatkan kepercayaan menjadi tuan rumah F1 Powerboat (F1H2O) World Championship selama lima tahun ke depan atau hingga 2027.

F1 Powerboat atau yang juga dikenal dengan F1H20 adalah kejuaraan dunia lomba balap kapal motor terbesar dunia. F1 Powerboat merupakan kelas tertinggi balap kapal motor, yang setingkat dengan Formula 1 atau MotoGP.

Tahun ini, Danau Toba bakal membuka rangkaian seri ajang balap perahu super cepat paling bergengsi di dunia tersebut pada 24-26 Februari mendatang.

Gelaran F1 Powerboat merupakan salah satu upaya untuk mendorong destinasi di Danau Toba yang masuk dalam super prioritas.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan kejuaraan dunia balap perahu cepat F1 Powerboat (F1H20) di Danau Toba, Sumut, merupakan sarana untuk lebih mempromosikan pariwisata Indonesia ke dunia internasional.

Baca juga: F1 Powerboat di Danau Toba memiliki rute terunik di dunia
Baca juga: Danau Toba jadi tuan rumah F1 Powerboat hingga 2027
Baca juga: Menpora: Juara dunia F1H2O antusias menanti lomba di Danau Toba

 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023