Jakarta (ANTARA) - Persija memimpin klasemen sementara Liga 1 Indonesia 2022-2023 seusai mengalahkan RANS Nusantara FC dengan skor 3-1 pada laga di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat.

Gol-gol dari Abdulla Yusuf Helal, Ilham Rio Fahmi dan Ondrej Kudela, yang dibalas oleh gelandang RANS Mitsuru Maruoka, membuat Persija mengoleksi 44 poin dari 22 laga.

Skuad "Macan Kemayoran" unggul dua poin atas peringkat kedua Persib, yang sebelumnya memuncaki klasemen, dengan 42 poin dari 20 pertandingan. Persib bisa menggeser Persija andai menang pada laga versus PSS, Minggu (5/2), di Bandung.

Pada pertandingan kontra RANS, Persija yang turun dengan dua pemain asing Ondrej Kudela dan Abdulla Yusuf sejak menit pertama, membuka peluang dengan percobaan tidak tepat sasaran dari penyerang Aji Kusuma pada menit ke-10.

Baca juga: Persija ke puncak klasemen Liga 1 seusai tundukkan Persikabo 1-0

Dalam satu skema serangan, barisan pertahanan RANS Nusantara FC lengah dan bek mereka Muhammad Hamdan Zamzani harus melanggar Aji pada menit ke-26.

Wasit pun memberikan tendangan penalti untuk Persija yang dieksekusi sempurna oleh Abdulla Yusuf satu menit kemudian.

Skor pembuka tersebut membuat Persija semakin bersemangat sehingga mampu menambah keunggulan menjadi 2-0 berkat gol Ilham Rio pada menit ke-37 yang memanfaatkan "assist" dari Riko Simanjuntak.

RANS Nusantara FC, yang ditangani juru taktik baru Rodrigo Santana, memperkecil kedudukan pada menit akhir babak pertama melalui gol tendangan bebas gelandang asal Jepang Mitsuru Maruoka. Persija unggul 2-1 sebelum turun minum.

Baca juga: 35 pemain perkuat Persija pada putaran kedua Liga 1 Indonesia

Usai jeda, pelatih Persija Thomas Doll memasukkan Michael Krmencik dan Osvaldo Haay dari bangku cadangan untuk menyegarkan sektor serang.

Persija pun konsisten menekan dan akhirnya kembali menambah pundi-pundi golnya pada menit ke-72, lagi-lagi melalui titik putih. Namun, kali ini Ondrej Kudela yang menjadi penendangnya.

Adapun penalti diberikan wasit Wawan Rafiko lantaran pemain asing anyar RANS Nusantara Mbombo Lokwa menyentuh bola dengan tangan di kotak terlarang.

Setelah itu, tidak ada gol lain yang tercipta. Persija menang dengan skor 3-1 atas RANS Nusantara dan berhak membawa pulang tiga poin.

Baca juga: PSM Makassar bangkit untuk taklukkan Rans Nusantara FC 3-1
Baca juga: Drama delapan gol warnai laga Rans Nusantara kontra Bali United


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023