Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Dewa United Banten membungkam Tangerang Hawks Basketball Club dengan skor 87-66 pada seri kedua Liga Basket Indonesia (IBL) musim 2023, di GOR Bimasakti, Kota Malang, Jawa Timur, Jumat.

Pelatih Dewa United Maximiliano Enrique Seigorman usai pertandingan mengatakan bahwa permainan anak asuhnya pada saat menghadapi Tangerang Hawks sangat baik dan memberikan kerja keras yang luar biasa.

"Seluruh pemain bekerja keras, saya berharap untuk seri selanjutnya kami juga bisa bermain bagus," kata Maximiliano.

Ia menjelaskan, salah satu kunci permainan Dewa United untuk menumbangkan Tangerang Hawks adalah pola pertahanan yang diterapkan berjalan dengan baik dan optimal untuk meredam serangan.

Menurutnya, ada sejumlah peluang yang mampu dikonversi menjadi poin dalam pertandingan itu, dan mengunci kemenangan. Ia menilai seluruh pemain Dewa United bermain sangat baik dengan kerja keras yang tinggi.

Baca juga: Dewa United menangi pertarungan sengit lawan Satya Wacana 79-72

"Kami bermain bertahan cukup baik pada pertandingan ini, kemudian ada peluang dari sejumlah tembakan. Seluruh pemain bekerja keras khususnya pada saat bertahan," ujarnya.

Sementara pelatih Tangerang Hawks Antonius Joko Endratmo mengatakan bahwa Dewa United merupakan tim yang kuat. Ia menilai ada tekanan kepada para pemain saat menghadapi tim seperti Dewa United tersebut.

Menurutnya, skuad Tangerang Hawks sempat memiliki momentum untuk mengejar ketertinggalan poin dalam laga tersebut. Namun, momentum tersebut tidak mampu dimanfaatkan dengan baik sehingga permainan kembali menurun.

"Ada momentum yang baik, tapi di akhir kita drop lagi. Stamina tidak berpengaruh, tapi mungkin ada tekanan lawan Dewa United. Sehingga anak-anak tidak menikmati permainan dan terlihat kelelahan, itu harus kita perbaiki," katanya.

Pada kuarter pertama, Tangerang Hawks dan Bali United sama-sama membuka pertandingan dengan saling berkejaran dalam perolehan poin. Namun, Dewa United akhirnya berhasil unggul pada akhir kuarter pertama dengan skor 24-18.

Baca juga: Satria Muda tundukkan Pacific Caesar 101-90

Sementara pada kuarter dua, Dewa United berupaya untuk menambah pundi-pundi perolehan poin dan memperlebar jarak dengan Tangerang Hawks. Dewa United berhasil memperlebar jaral dan menutup kuarter kedua dengan unggul 47-31 atas Tangerang Hawks.

Memulai kuarter tiga, Dewa United langsung tancap gas dan memperlebar jarak perolehan poin atas Tangerang Hawks. Tangerang Hawks tetap memberikan perlawanan, namun belum berhasil membalikkan keadaan dan kedudukan 63-52 untuk Dewa United hingga kuarter tiga.

Dewa United tidak ingin memberi kesempatan kepada Tangerang Hawks untuk mendekat pada awal kuarter empat. Dewa United sempat unggul hingga 20 poin pada kuarter tersebut, dan pada akhirnya menutup laga dengan kemenangan 87-66.

Pada pertandingan itu, pemain Tangerang Hawks Tyron Lamar Criswell mencetak poin terbanyak dalam pertandingan dengan 28 poin namun belum mampu membawa tim itu untuk memenangi laga. Sementara dari kubu Dewa United Ramon Bysher Galloway mencetak 23 poin.

Baca juga: Indonesia Patriots tumbangkan Bima Perkasa 82-57

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023