Kedatangan saya ke Pelabuhan Arun bertujuan untuk memastikan bahwa pelabuhan ini dapat dimanfaatkan secara optimal
Banda Aceh (ANTARA) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta Pelabuhan PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) di Lhokseumawe, Aceh, dimanfaatkan secara optimal sesuai fungsi dan konektivitasnya sebagai sarana transportasi laut guna meningkatkan perekonomian masyarakat.
 
"Kedatangan saya ke Pelabuhan PIM bertujuan untuk memastikan bahwa pelabuhan ini dapat dimanfaatkan secara optimal. Apalagi dalam waktu dekat Presiden RI Joko Widodo akan meresmikan pabrik NPK PIM," katanya di Lhokseumawe, Aceh, Jumat.
 
Pernyataan tersebut disampaikan Menhub saat meninjau Pelabuhan PIM di Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh.

Baca juga: Perusahaan Uni Emirat Arab lirik potensi investasi di KEK Arun
 
Menhub mengatakan dirinya sudah menerima penjelasan dari Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan terkait Pelabuhan PIM. Dari keterangan tersebut, Pelabuhan PIM tidak hanya untuk barang, tetapi juga koneksi transportasi laut.
 
"Saya juga sudah diskusi dengan Bapak Pj Gubernur Aceh bahwa konektivitas laut itu sangat penting, sehingga dibutuhkan perbaikan infrastruktur pelabuhan seperti pendangkalan dan lainnya," kata Menteri.
 
Apalagi, kata Menhub, konektivitas transportasi laut sangat mempengaruhi fungsi ekonomi dari pelabuhan tersebut tinggi sekali. Jika Pelabuhan PIM berfungsi optimal, maka perekonomian masyarakat Aceh bisa lebih meningkatkan lagi.
 
"Jika fungsi ekonomi tinggi, maka otomatis akan memberikan dampak kesejahteraan kepada masyarakat. Oleh karenanya saya minta Dirjen dan PT PIM untuk terus mengawal apa yang telah kami diskusikan dengan Pj Gubernur Aceh," kata Budi Karya Sumadi.

Baca juga: Anggota DPR komit bantu kembangkan PT PIM dan Perta Arun Gas Aceh

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023