Laut Aceh memiliki potensi yang sangat besar untuk dibuat konektivitas yang baik, sehingga harganya akan lebih kompetitif
Banda Aceh (ANTARA) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan pihaknya akan mengoptimalkan pelabuhan di Aceh dalam upaya meningkatkan konektivitas dan mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah.

"Laut Aceh memiliki potensi yang sangat besar untuk dibuat konektivitas yang baik, sehingga harganya akan lebih kompetitif," katanya di sela meninjau Pelabuhan Ulee Lheue bersama Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki di Kota Banda Aceh, Jumat.

Menurut di, Kementerian Perhubungan akan menambah sarana dan prasarana pendukung penyeberangan ke daerah kepulauan.

Ia menjelaskan untuk sektor laut yang paling dekat adalah Sabang, yang mana lautnya dalam dan dirinya telah meminta Pj Gubernur Aceh untuk memetakan pelabuhan yang ada di Aceh.

"Artinya, pelabuhan yang ada di Aceh dapat dikonsolidasikan dengan BUMD sehingga mereka akan ikut berperan dalam pemanfaatannya. Ini juga akan menjadikan pengangkutan darat yang tidak efisien menjadi lebih efisien," katanya.

Ia juga siap mencari pemodal yang siap berinvestasi dan bekerja sama dengan BUMD dan gubernur nantinya juga memiliki kewenangan dalam memaksimalkan pengelolaan pelabuhan yang diberikan oleh pusat.

Dalam kunjungannya ke Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheu, Menhub juga menyempatkan berdialog dengan para penumpang kapal yang baru tiba dari Balohan, Sabang.

Menhub didampingi Pj Gubernur Aceh berswafoto dan foto bersama dengan para penumpang serta memberikan bingkisan kepada penumpang yang tiba di Pelabuhan Ulee Lheue tersebut.

Baca juga: Menhub tinjau kesiapan Pelabuhan PIM jelang kunjungan Presiden Jokowi
Baca juga: Menhub pastikan penerbangan umrah Aceh langsung dari Bandara SIM
Baca juga: Menhub: Butuh kolaborasi kuat hadapi tantangan transportasi laut


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023