Jakarta (ANTARA) - Band legendaris Dewa 19 hari ini, Sabtu (4/2) akan menggelar konser akbar bertajuk “Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19” yang akan mengguncang Jakarta dengan empat vokalis dan lima drummer di Jakarta International Stadium (JIS).

Baca juga: Dewa 19 gelar 'Pesta Rakyat 30 Tahun' di Bandung Maret mendatang

Konser ini digelar untuk mengajak Baladewa dan Baladewi bernostalgia dan larut pada lagu-lagu masa kejayaan Dewa 19. Sebelum menikmati konsernya, berikut enam fakta menarik band Dewa 19 yang patut untuk diketahui.

1. Didirikan 37 tahun lalu
Nama grup Dewa 19 di industri musik Tanah Air memang sudah tak asing lagi di telinga berkat lagu-lagunya yang populer dan mencapai era keemasan di tahun 1990-2000-an. Karya-karyanya yang terngiang sepanjang masa, membuat band ini layak disebut legendaris.

Grup musik ini dibentuk pada 24 Agustus 1986 di Surabaya. Sempat beberapa kali berganti personel, namun namanya tetap berkibar di industri musik Tanah Air.

2. Nama “Dewa” dibentuk dari akronim personel
Nama band Dewa rupanya merupakan akronim dari nama para personelnya, yakni Dhani (keyboard, vokal), Erwin Prasetya (bass), Wawan Juniarso (drum), dan Andra Junaidi (gitar)

3. Cerita di balik angka 19
Adapun angka 19 pada nama band ini tercipta karena ketidaksengajaan. “19” adalah judul album pertama band legendaris ini yang debut pada tahun 1992, namun banyak orang yang mengira nama band itu adalah Dewa 19 dan berlanjut hingga saat ini.

Dhani sempat mengaku bahwa 19 adalah penanda ketika Ari Lasso bergabung mengisi posisi vokalis, selain karena personelnya berusia 19 tahun pada masa itu.

Baca juga: Sempat ditunda, Pesta Rakyat 30 Tahun Dewa 19 digelar Februari

4. Tersisa dua personel pada 1997
Dewa 19 mencapai masa keemasan kala merilis album ke empat bertajuk "Pandawa Lima" di tahun 1997 dengan formasi Ari Lasso (vokal), Andra Junaidi (gitar), Erwin Prasetya (bass), Ahmad Dhani (keyboard), dan Wong Aksan (drum).

Namun di tengah puncak keemasan itu Dewa 19 sempat dihantam masalah yang cukup serius.

Dimulai dari dikeluarkannya Wong Aksan karena terlibat penggunaan narkotika, dua personel lain Ari Lasso dan Erwin Prasetya pun ikut terseret di jurang narkoba dan membuat Dewa 19 akhirnya vakum, menyisakan dua personelnya yakni Dhani dan Andra.

5. Sempat takut penggemar tolak Once Mekel
Dewa resmi mengenalkan Once Mekel dan Tyo Nugros sebagai personel Dewa 19 yang baru dengan personel lengkapnya Dhani, Andra, Tyo Nugros, dan Once Mekel pada tahun 1999.

Pada obrolanya dengan pembawa acara Daniel Mananta di tahun 2020, Ahmad Dhani mengaku dirinya sempat khawatir ketika Once Mekel menggantikan posisi Ari Lasso sebagai vokalis, meski ia tidak pernah meragukan kemampuan Once.

Bahkan, suami Mulan Jameela itu mengaku sempat bermimpi Dewa 19 ditinggal penonton saat beraksi dengan Once.

"Pasti ada ketakutan itu, gue sampai terbawa mimpi, mimpi habis Slank main, Dewa 19 main penyanyi Once, orang pada pulang semua," kata Dhani dalam video di kanal YouTube Daniel Mananta.

6. Band terkaya di Indonesia
Pada 2005 majalah Hai menobatkan Dewa 19 sebagai band terkaya di Indonesia dengan pendapatan mencapai lebih dari Rp14 miliar setahun.

Sebelumnya, album "Bintang Lima" yang dirilis pada tahun 2000 dengan Once sebagai vokalis terjual 1,7 juta keping dan menjadi salah satu album terlaris di Indonesia.


Baca juga: Konser Dewa 19 sukses puaskan Baladewa di Madiun

Baca juga: DEWA 19 akan konser di Solo hingga motor "off-road" untuk anak-anak

Baca juga: Besok DEWA 19 akan gelar konser di kota Solo


Pewarta: Pamela Sakina
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2023