Waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Pegunungan, Lereng timur, dan Pantai Barat Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir dan tanah longsor
Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini agar masyarakat waspada potensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat sebagian wilayah di Sumatera Utara.

"Waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Pegunungan, Lereng timur, dan Pantai Barat Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir dan tanah longsor," kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Lestari Irene Purba, Sabtu.

Secara umum cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada pagi hari berawan dan berpotensi hujan ringan di wilayah Kepulauan Nias, Serdang Bedagai, serta Batubara dan sekitarnya.

Baca juga: BMKG: Waspada hujan lebat di pegunungan Sumut yang bisa memicu banjir

Siang dan sore hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di sebagian besar wilayah Sumatera Utara

Malam hari berpotensi hujan dengan intensitas lebat Dairi, Toba, Samosir, Pakpak Bharat, Sibolga, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Pandang Lawas, Padang Lawas Utara, Mandailing Natal, Padang Lawas dan sekitarnya.

Baca juga: Kota besar di Indonesia berpeluang hujan ringan hingga sedang

Dini hari berawan dan berpotensi hujan ringan di wilayah Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, Asahan Batubara,Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Pandang Lawas, Padang Lawas Utara, dan Labuhanbatu Selatan dan sekitarnya.

Sementara suhu udara rata-rata 18.0 – 32.0 derajat Celsius, kelembapan udara 65 – 98 persen, dan angin berhembus dari Barat Laut – Timur Laut / 10 – 30 km/jam.

Baca juga: Masyarakat pesisir diminta waspada gelombang tinggi 4-5 Februari 2023

Pewarta: Juraidi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023