Medan (ANTARA) - Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) akan menyiapkan sejumlah agenda bertaraf nasional hingga internasional sebagai salah satu upaya untuk mempromosikan pariwisata Danau Toba.

"Kami akan jajaki sejumlah agenda, baik yang nasional maupun internasional di Kaldera Resort. Di Danau Toba kami ingin lebih dari satu ajang bergengsi," kata Direktur Utama BPODT Jimmy Bernando Panjaitan di Balige, Sabtu.

Jimmy menjelaskan salah satu agenda yang direncanakan di Danau Toba adalah rally berskala internasional di tahun 2024 dan berskala nasional tahun ini.

Terkait hal tersebut, pihaknya sudah melakukan pembahasan dengan Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah yang sebelumnya telah menggagas perhelatan balap mobil khusus itu.

"Kami harapkan di 2024 ada World Champion dengan memulainya dari tahun ini melalui regional rally championship untuk skala nasional," katanya.

Selain itu, BPODT ke depan akan mendorong perhelatan olahraga yang lebih banyak memanfaatkan air, misalnya Jet s5ky atau yang lebih potensial seperti Solu Bolon.

Beberapa kegiatan  yang sudah berjalan seperti bersepeda (cycling), lari (running) dan marathon, akan terus ditingkatkan dengan memperbanyak kegiatan di Danau Toba.

“Kami sudah membahas agar tahun ini lebih banyak membuat agenda yang banyak memanfaatkan air seperti F1 Powerboat yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini,” ungkapnya.

Baca juga: InJourney: Ajang F1 Powerboat jadi langkah baik tingkatkan pariwisata

 

Pewarta: Juraidi
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023